SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pajanan Bentuk Benar-Salah terhadap Penguasaan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang

Fiqi Nurhamidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhamidah, Fiqi. 2014. Pengaruh Pajanan Bentuk Benar-Salah terhadap Penguasaan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryo HS., S.H., M.Hum, (II) Drs. Bustanul Arifin, S.H., M.Hum.

 

Kata Kunci: pajanan bentuk benar-salah, huruf kapital, tanda baca

Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan individual dan berkembang sesuai dengan perkembangan usia seseorang. Keterampilan berbahasa meliputi keterampilan berbahasa lisan dan tulis. Penggunaan huruf kapital dan tanda baca merupakan salah satu dari kaidah bahasa tulis yang harus dikuasai siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sulton dan Listyawati, penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa SD masih di bawah nilai ketuntasan. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Untuk itu, perlu adanya media pembelajaran untuk memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya pengaruh pemberian pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dan (2) ada atau tidaknya pengaruh pemberian pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar-salah terhadap penguasaan penggunaan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Penelitian ini adalah penelitian praeksperimen. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang yang berjumlah 30 siswa. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran penelitian. Instrumen perlakuan penelitian ini berupa pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar-salah. Instrumen pengukuran penelitian berupa soal tes awal dan tes akhir bentuk benar-salah. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tertulis. Data penelitian ini berupa skor hasil mengerjakan soal pada tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pajanan huruf kapital dan tanda baca bentuk benar salah terhadap penguasaan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa kelas VI SD Mutiara Harapan Lawang Kabupaten Malang.

Hasil analisis statistik dua sampel berpasangan penguasaan penggunaan huruf kapital diketahui t hitung 6,656 dan signifikansi 0,00 (sig