SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Metode Bertanya dan Menjawab Pertanyaan untuk Pengembangan Kemampuan Memahami Isi Teks Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Singosari.

DINI ANGGRAENI DESTRI AMIROHWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Memahami isi teks merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam aspek membaca. Siswa harus memiliki kemampuan membaca yang baik. Kemampuan membaca yang baik terdiri dari kecepatan membaca yang memadai dan pemahaman terhadap isi bacaannya. Pemahaman membaca menuntut siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Melalui metode bertanya dan menjawab pertanyaan, diharapkan siswa dapat memahami isi teks dengan kemampuan berpikirnya secara mandiri.

Melalui penelitian inilah efektivitas metode bertanya dan menjawab pertanyaan untuk pengembangan kemampuan memahami isi teks diuji. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripskan metode bertanya dan menjawab pertanyaan untuk pengembangan kemampuan siswa kelas VII dalam (1) mengidentifikasi kalimat utama dan kalimat penjelas, (2) memahami informasi penting dalam bacaan, serta (3) menyimpulkan gagasan utama.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan  desain penelitian t-test. Populasi penelitian  adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singosari, dengan sampel kelas VII D (kelas eksperimen) dan kelas VII F (kelas kontrol). Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan menggunakan metode bertanya dan menjawab pertanyaan, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan, yaitu (1) RPP, (2) teks bacaan, dan (3) perintah/petunjuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan, sedangkan instrumen pengukuran adalah butir-butir soal dan rubrik penilaian.

Hasil penelitian dinyatakan efektif apabila nilai Sig. uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 16 for Windows menunjukkan angka kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS didapatkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 untuk aspek memahami isi teks secara umum. Secara khusus, didapatkan nilai Sig. 0,009 untuk aspek mengidentifikasi kalimat utama dan penjelas. Nilai Sig. 0,022 untuk aspek memahami informasi penting dalam teks bacaan. Nilai Sig. 0,000 untuk aspek menyimpulkan gagasan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum metode bertanya dan menjawab pertanyaan terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa memahami isi teks karena semua nilai Sig. menunjukkan angka kurang dari 0,05. Secara khusus, metode bertanya dan menjawab pertanyaan terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan mengidentifikasi kalimat utama dan kalimat penjelas, memahami informasi penting dalam teks bacaan, serta terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan menyimpulkan gagasan utama.

Saran yang diajukan peneliti berdasarkan temuan penelitian ini adalah (1) perlu diadakan penelitian bagi sekolah dengan kondisi serupa, (2) metode bertanya dan menjawab pertanyaan perlu digunakan untuk pengembangan kemampuan memahami isi teks siswa bisa, dan (3) pembelajaran membaca dalam memahami isi teks dapat dibuat lebih menarik dengan berbagai metode yang inovatif.