SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP

Mifta Kharima Akbari Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Mifta Kharima Akbari. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Karya Wisata terhadap Kemampuan Menulis Puisi SiswaKelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Kata kunci: menulis puisi, pembelajaran menulis puisi, metode karyawisata

 

Menulis puisi merupakan keterampilan bersastra yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Di dalam kurikulum Bahasa Indonesia, materi menulis kreatif puisi terdapat pada pembelajaran yang diajarkan kelas VIII SMP yakni menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Menulis puisi masih dianggap sulit oleh siswa, salah satunya disebabkan guru menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan dan merasa semakin kesulitan menulis puisi. Metode karyawisata merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Metode karyawisata adalah metode belajar dengan mengajak siswa melakukan kunjungan kesuatu tempat atau objek tertentu untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu. Kelebihan dari metode karyawisata adalah siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang ada di amati.

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap kemampuan menulis puisi dalam aspek kemampuan: menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai dengan tema, membentuk citraan/imaji, membentuk majas, menata rima, dan mempertimbangkan kesatuan dan keutuhan isi puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah desain control group pre-test and pos-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singosari tahun pelajaran 2013/2014. Langkah-langkah desain eksperimen semu sebagai berikut (1) mengidentifikasi karakteristik populasi, kemudian dipilih dua kelas yang memiliki karakteristik sama yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) pemberian pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis puisi, (3) pemberian dua kali perlakuan berupa penggunaan metode karyawisata terhadap kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol, dan (4) pemberian postes kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dihitung dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan pengujian Ha diterima jika signifikansi ≤ 0,05.

Berdasarkan hasil uji hipotesis, secara keseluruhan diketahui bahwa metode karya wisata berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari, dengan rincian bahwa metode karyawisata berpengaruh terhadap kemampuan: (1) menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai dengan tema (0,01 ≤ 0,05),(2) menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk membentuk citraan/imaji (0,00≤ 0,05),(3) menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk membentuk majas (0,00≤ 0,05),(4) menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk menatarima (0,001≤ 0,05), dan (5) mempertimbangkan kesatuan dan keutuhan isi puisi (0,022≤ 0,05).

Dari kelima aspek, kemampuan membentuk majas adalah kemampuan yang paling dipengaruhi dengan selisih nilai rata-rata 31.31, karena dalam proses menulis puisi siswa mendapatkan larik-larik puisi dari hasil pengamatan siswa terhadap objek, kemudian membandingkan larik awal yang masih sederhana menjadi larik yang lebih menyimpan nilai keindahan sehingga siswa dapat memperbaiki larik tersebut. Kemampuan kedua yang paling dipengaruhi yaitu kemampuan membentuk citraan/imaji dengan selisih nilai rata-rata 28.507, karena siswa diarahkan untuk menemukan apa yang dilihat, apa yang didengar, dan apa yang dirasakan dari objek yang diamati sehingga penggunaan imaji siswa lebih jelas dan nyata, kemampuan ketiga dengan selisih nilai rata-rata 19.973 yaitu menata rima, kemampuan keempat yaitu kemampuan menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai tema dengan selisih nilai rata-rata 12.767, kemampuan kelima yang dipengaruhi yaitu kemampuan mempertimbangkan kesatuan dan keutuhan puisi dengan selisih nilai rata-rata yaitu 11.524, aspek tersebut merupakan aspek terendah yang dipengaruhi metode karyawisata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari sehingga metode karyawisata dapat digunakan sebagai salah satu alternative strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII.

 

 

ABSTRACT

 

 

Putri, MiftaKharimaAkbari. 2014. The Influence Using Field Trip Method to Ability Writing Poetry for Eighth Grade of Junior High School 3 Singosari.Thesis, Major Indonesian Literature, Literature Faculty, University of Malang. Advisor: (I) Dr. MuakibatulHasanah, M.Pd., (II) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Keywords: writing poetry, learning to write poetry, field trip method

 

Writing poetry is a literary appreciation of fields that must be mastered by student. In Bahasa Indonesia curriculum, writing poetry contained on learning taught the eighth grade junior school that is menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Writing poetry is taught basically aims to improve students thinking imagination. Students must spend everything that is on his mind, and express it in the form of words that contain meaning. But writing poetry is still considered difficult by students. Therefore, in learning to write poetry, the teacher should use appropriate learning strategies as a means to facilitate the students, but teacher use the same strategy with conventional learning so that students feel bored and more difficult to follow the teaching of writing poetry. The use of field trip method is one of the strategies designed to enhance the students ability to write poetry. That is a method of travel works done by getting students to a specific place or object to study or investigate something with the intention that students can feel directly what is in the vicinity.

The purpose of this study was to determine the effect of the usefield trip methods to the ability to write poetry in using the right choice of words and in accordance with the theme, use a imaji, use a figurative words, play with rhyme, and the unity and integrity of the content of the poetry in the eighth grade in SMP Negeri 3 Singosari.

The approach used in this study is a quantitative approach. The quantitative approach used to test the hypothesis formulated. This study was a quasi-experimental. Type of research design used is the design of the control group pre-test and post-test. This research was conducted at SMP Negeri 3 Singosari school 2013/2014. The population in this study were all students in the eighth grade regular SMP Negeri 3 Singosari school year 2013/2014 .Meanwhile, the sample using purposive sampling technique. The steps following a quasi-experimental design. First, identify the characteristics of the population, and obtained two classes that have the same characteristics that will be used as the experimental class and the control class. Secondly, the provision of pre-test on the experimental class and the control class to determine students' initial ability in writing poetry. Third, the provision of two treatment methods such as the use of a class field trip to the experimental and conventional learning to control class. Fourth, giving posttest to the experimental class and the control class. Analysis was calculated using t-test with a two tail. Ha received if the significance ≤ 0.05.

Based on the results of hypothesis, overall it is known that the field trip method works affect to ability writing poetry in the eighth grade students of SMP Negeri 3 Singosari, with details that method affects the ability of the field trip: (1) use the word choice appropriate to the theme (0.01 ≤ 0.05), (2) use a imaji (0.00 ≤ 0.05), (3) use a figurative words (0.00 ≤ 0.05), (4) play with rhyme(0.001 ≤ 0.05), and (5) the unity and integrity of the content of the poem (0.022 ≤ 0.05).

Of the fifth aspect, the ability to use a figurative wordsis the ability most influenced by the difference in the average value of 31.31, because in the process of writing poetry students gain verses of poetry from students observations of the object, and then compare the array is still modest beginnings into a more arrays store values ​​beauty so that students can fix the array. The second most affected the ability use a imaji with an average difference of 28.507 values​​, because the students are directed to find what is seen, what is heard, and what is perceived from the object being observed that the use imaji clearer and real students. Third ability with an average increment 19.973 is play with rhyme, the fourth ability is the ability to use the word choice appropriate to the theme of the difference between the average value of 12.767, fifth ability influenced the ability to consider the unity and integrity of the poem with an average difference in value is 11.524, the lowest of these aspects are aspects that influenced the work field trip method.

The results of these studies indicate that there are significant to use field trips method in the ability to write poetry in the eighth grade students of SMP Negeri 3 Singosari. This method can be used on the field trip as an alternative learning strategies to improve students' ability to write poetry class VIII.