SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Lagu terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang.

WEGIG PANJI PRASASTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasasti, Wegig Panji. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Lagu terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Roekhan, M.Pd, (2) Dewi Pusposari, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran menulis, cerita pendek, media lagu.

 

Menulis cerita pendek merupakan kegiatan yang bermanfaat sebagai kegiatan melatih siswa dalam menuangkan gagasan dan mengembangkan imajinasi siswa. Dalam proses ini siswa kesulitan untuk menentukan ide dan mengembangkannya menjadi cerita, siswa membutuhkan media. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lagu terhadap kemampuan mengembangkan alur cerita pendek, menentukan tokoh dan penokohan, dan penggunaan gaya bahasa siswa SMA Negeri 3 Malang.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah kelompok tidak ekuivalen perlakuan pengganti pada postes. Dalam rancangan ini kelas eksperimen diberi perlakuan tertentu yang menjadi fokus penelitian, sedangkan kelas kontrol juga diberi perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan klaster yang dilakukan dengan randomisasi terhadap kelompok, bukan terhadap subjek secara individual. Teknik ini dilakukan berdasarkan keseluruhan kelas yang bersifat homogen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah LKS, RPP, dan rubrik penilaian menulis cerita pendek. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikasi 0.05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pretes dan postes antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan media lagu berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMA Negeri 3 Malang. Uji hipotesis (uji-t) aspek mengembangkan alur cerita memiliki probabilitas (sig.) 0.004 ˂  0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan penggunaan media lagu terhadap kualitas mengembangkan alur dalam menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA  diterima. Uji hipotesis (uji-t) aspek menentukan tokoh dan penokohan memiliki probabilitas (sig.) 0.049 ˂  0.05. Disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan penggunaan media lagu terhadap kualitas menentukan tokoh dan penokohan dalam menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA  diterima. Uji hipotesis (uji-t) aspek penggunaan gaya bahasa memiliki probabilitas (sig.) 0.001 ˂  0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan penggunaan media lagu terhadap kualitas penggunaan gaya bahasa dalam menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA  diterima.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media lagu terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang pada aspek mengembangkan alur, menentukan tokoh dan penokohan, dan penggunaan gaya bahasa. Saran bagi guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya bisa memanfaatkan media lagu yang memiliki lirik yang mampu menggambarkan alur, tokoh dan penokohan serta menggunakan gaya bahasa yang kreatif. Bagi peneliti lanjut juga dapat melakukan penelitian yang sama tetapi menyoroti aspek yang berbeda yaitu latar, amanat dan sudut pandang. Bagi penulis buku ajar agar menggunakan media lagu sebagai proses latihan secara bertahap dalam pembelajaran menulis cerita pendek.