SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Level 1 dalam Program Rosetta Stone.

Puteri Rahayu Agata Pridanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pridanti, Puteri Rahayu Agata. 2014. Materi  Pembelajaran Bahasa Indonesia Level 1 dalam Program Rosetta Stone. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

 (I) Dr. WidodoHs., M. Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani, M. Pd.

 

Kata Kunci: materipembelaran,pembelajaran bahasa Indonesia, Rosetta Stone

 

Bahasa Indonesia kini tidak hanya diajarkan di sekolah-sekolah umum sebagai bahasa kedua, tetapi juga sebagai bahasa asing. Perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia tersebut disebabkan oleh kedatangan para investor, budayawan, ilmuwan, wisatawan, dan lain sebagainya dari mancanegara. Hal tersebut yang mendorongberdirinyaBahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembelajaran BIPA mempunyai karakteristik berbeda dengan bahasa Indonesia yang diajarkan di sekolah umum, begitu pula dengan bahan ajar maupun materinya. Salah satu contoh bahan ajar untuk belajar bahasa Indonesia bagi penutur asing adalahCD interaktif Rosetta Stone. Rosetta Stone menggunakan kombinasi gambar, teks, dan suara dengan tingkat kesulitan meningkat dalam rangka mengajarkan berbagai kosakata, istilah, dan fungsi tata bahasa intuitif tanpa terjemahan yang disebut dengan Dynamic Immersion Method.Rosetta Stonebertujuanmengajarkan komunikasi sehari-hari.Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah kelayakan atau keefektifan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang terdapat dalam perangkat tersebut. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang tertuang dalam Rosetta Stone, yang secara khusus mencakuptiga aspek, yaitu (1) ragam materi, (2) penggradasian materi, dan (3) latihan yang ditampilkan.

Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah CD interaktif Rosetta Stone. Instrumen yang digunakan adalah tabel pemandu. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mempelajari materi yang ada dalam Rosetta Stone. Wujud data berupa transkripsi materi pembelajaran dan latihan yang terdapat dalam Rosetta Stone.Dalam penelitian ini, peneliti memilih peningkatan ketekunan dalam penelitian, perpanjangan pengamatan, dan diskusi teman sejawat  sebagai pengecekan keabsahan temuan.

Hasil penelitian ini adalahsebagaiberikut. Materi pembelajaran yang diajarkan dalam  Rosetta Stone mencakup dua kategori penting, yaitu materi kebahasaan dan keterampilan berbahasa. Materi kebahasaan yang ditemukan dalam Rosetta Stone for Indonesian meliputi materi kosakata dan tata bahasa.Rosetta Stone menyajikan materi dengan teknik spiral, sehingga terdapat pengulangan materi di setiap unit pembelajaran. Keeefisienan dan keefektifan penyampaian materi tidak tampak karena adanya pengulangan yang berlebihan dan monoton. Latihan yang ditampilkan dalam Rosetta Stone meliputi 5 keterampilan berbahasa yaitu listening & reading, listening, reading, writing, dan speaking. Semua latihan tersebut termasuk ke dalam ranah kognitif tingkat C1 (hafalan). Latihan-latihan yang ditampilkan berjenis multiple choice exercise, dictation exercise,jumble word exercise, dan repetition exercise.