SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TINGKAT KETERCAPAIAN HARAPAN WARGA SEKOLAH TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 8 MALANG

Nur Rahman Ardian Syah

Abstrak


ABSTRAK

 

Syah, Nur Rahman Ardian. 2014. Tingkat Ketercapain Harapan Warga Sekolah terhadap Layanan Perpustakaan di SMA Negeri 8 Malang. Tugas Akhir, Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M. Pd  (II) Dra. Suharti, S. IP

 

Kata Kunci: harapan, perpustakaan sekolah, layanan perpustakaan

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada di lingkungan sekolah dan sebagai pusat sumber belajar yang bertujuan untuk melayani dan memberikan informasi kepada warga sekolah guna menunjang proses pendidikan di sekolah, baik sekolah dasar, sekolah menengah, maupun perguruan tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan perpustakaan tentu harus memberikan layanan secara maksimal. Perpustakaan dinilai baik apabila memiliki layanan yang sesuai dengan harapan para pemustaka.

Dalam tugas akhir ini akan membahas tentang tingkat ketercapaian harapan warga sekolah terhadap layanan perpustakaan di SMA Negeri 8 Malang. Adapun tujuan dari penulisan ini meliputi: (1) untuk mengetahui tingkat ketercapaian harapan guru, karyawan, dan peserta didik sekolah terhadap layanan sirkulasi di  perpustakaan sekolah SMA Negeri 8 Malang; (2) untuk mengetahui tingkat ketercapaian harapan guru, karyawan, dan peserta didik terhadap layanan referencedi  perpustakaan sekolah SMA Negeri 8 Malang; dan (3) untuk mengetahui tingkat ketercapaian harapan peserta didik terhadap layanan internet di  perpustakaan sekolah SMA Negeri 8 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua buah instrumen yaitu, angket dan wawancara. Populasi yang diambil adalah warga sekolah yang berjumlah 1053 orang. Kemudian sampel yang diambil sebanyak 47 responden. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling.

Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat diketahui yaitu: (1) tingkat ketercapaian harapan guru, karyawan, dan peserta didik terhadap layanan sirkulasi yang ada di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang adalah sudah sesuai harapan. Hal ini dapat dilihat bahwa ada 5 responden (11%) menyatakan sangat tercapai,  (72%) responden menyatakan jika layanan sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang sudah sesuai harapan, dan 8 responden (17%) menyatakan harapannya belum tercapai; (2) tingkat ketercapaian harapan guru, karyawan, dan peserta didik terhadap layanan reference yang ada di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang adalah sudah sesuai dengan harapan. Hal ini dapat dilihat bahwa ada 10 responden (21%) menyatakan sangat tercapai, ada 31 responden (66%) responden menyatakan jika layanan reference yang ada di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang sudah sesuai harapan, dan ada 6 responden (13%) menyatakan tidak tercapai; dan (3) tingkat ketercapaian harapan peserta didik terhadap layanan internet/komputer di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang adalah sudah sesuai dengan harapan. Hal ini dapat kita lihat bahwa ada 8 responden (17%) menyatakan sangat tercapai, ada 26 responden (55%) responden menyatakan jika layanan internet/komputer di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang sudah sesuai dengan harapan, dan ada 13 responden (28%) menyatakan tidak tercapai. Jadi dapat disimpulkan jika tingkat ketercapain harapan warga sekolah terhadap layanan perpustakaan di SMA Negeri 8 Malang sudah tercapai.

Saran untuk pengembangan layanan perpustakaan SMA Negeri 8 Malang, yaitu: (1) layanan sirkulasi menggunakan sistem automasi sehingga akan memudahkan pemustaka dan juga petugas perpustakaan. selain itu petugas juga harus berperilaku baik, ramah dan kritis kepada pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan, (2) perpustakaan juga harus menambah koleksi yang up to date dan bervariasi, serta koleksi reference yang sudah lama dan tidak pernah digunakan harusnya dimasukkan ke dalam gudang. Jadi tidak akan membutuhkan tempat banyak apabila terdapat koleksi reference  yang baru, dan (3) diharapkan adanya penambahan kecepatan akses dan juga jumlah komputer yang bisa digunakan untuk internet di perpustakaan.