SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Kumpulan Cerpen Karya Fahd Djibran, Bondan Prakoso, dan Fade2black

Yohana Soegiarty Gelu Keraf

Abstrak


 

ABSTRAK

 

 

 

Soegiarty, Yohana. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Kumpulan Cerpen Hidup Berawal dari Mimpi Karya Fahd Djibran, BondanPrakoso, danFade2black. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, PendidikanBahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra Titik Harsiati, M.Pd, (II) Dra.Yuni Pratiwi M.Pd.

 

 

Keywords: kumpulan cerpen, nilai pendidikan moral, pendekatan pragmatik

 

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam kumpulan cerpen Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran, Bondan Prakoso, dan Fade2black. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari kumpulan cerpen Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran, Bondan Prakoso, dan Fade2black.

 Instrumen utama yang digunakan adalah human instrument. Selain itu, terdapat pula instrumen pendukung, meliputi pedoman pengumpulan data dan pedoman indikator nilai-nilai pendidikan moral. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Pendekatan dalam analisis data adalah pendekatan pragmatik. Data-data yang digunakan meliputi kutipan kata, kalimat, dan fragmen yang mengandung nilai pendidikan moral.

Hasil penelitian meliputi, nilai pendidikan moral keagamaan, nilai pendidikan moral pribadi, dan nilai pendidikan moral sosial. Pertama, nilai pendidikan moral keagamaan,  meliputi (1) nilai iman kepada Tuhan, (2) nilai taat beribadah, (3) nilai ikhlas, dan (4) nilai syukur. Kedua, nilai pendidikan moral pribadi, meliputi (1) nilai motivasi, (2) nilai percaya diri, (3) nilai kerja keras, (4) nilai tanggung jawab, (5) nilai disiplin, (6) nilai rajin, dan (7) nilai sederhana. Ketiga, nilai pendidikan moral sosial yang, meliputi (1) nilai patuh kepada orang tua, (2) nilai peduli sesama, (3) nilai saling menghargai, (4) nilai memaafkan, (5) nilai kerukunan, dan (6) nilai keadilan sosial.