SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Blog Menulis Berita Untuk Majalah Sekolah Sebagai MEdia Pembinaan Ekstrakurikuler JUrnalistik Bagi Siswa SMA

Ardi Wina Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Ardi Wina. 2013. Pengembangan Blog Menulis Berita untuk Majalah Sekolah sebagai Media Pembinaan Ekstrakurikuler Jurnalistik bagi Siswa SMA.Skripsi, Jurusan Sastra  Indonesia  Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing: (I) Drs. Roekhan, M.Pd, (II) Karkono, S.S, M.A.

 

Kata kunci: blog, menulis berita, jurnalistik.

 

Kegiatan jurnalistik mulai diminati oleh hampir setiap  jenjang pendidikan beberapa tahun terakhir,khususnya hampir setiap jenjang SMA sudah memiliki tim redaksi yang menyusun majalah, tabloit, atau koran sekolah untuk diterbitkan secara berkala dan dibaca oleh seluruh warga sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi meningkat drastic beberapa decade terakhir, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi dari internet yang paling jelas adalah dengan menggunakan electronic mail (e-mail) danworld wide web (www) yang juga sebagai dasar dalam pembuatan blog. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini menghasilkan produk berupa blog yang berisi materi menulis berita untuk majalah sekolah bagi para peserta kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMA.Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan wujud blog sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA,dan (2) mendeskripsikan keefektifan blog sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang telah disederhanakan. Berdasarkan prosedur tersebut, terdapat tujuh tahap prosedur penelitian, yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) uji coba pemakaian, (5) revisi desain, (6) validasi desain, dan (7) revisi produk.Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli jurnalistik, (2) ahli media, (3) pembina kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, dan(4) peserta kegiatan ekstrakurtikuler jurnalistik.

Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, pembina, dan peserta kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan.Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai human instrument. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian, (2) mentranskrip data verbal lisan, dan(3) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan.

Uji produk melibatkan ahli materi jurnalistikmenghasilkan rata-rata kelayakan produk sebesar 60%, ahli media 92%, pembina kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik 100%, dan siswa 88%.Berdasarkan hasil uji melibatkan ahli materi jurnalistik dan ahli media, produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil uji melibatkan pembina dan peserta ekstrakurikuler jurnalistik, produk tergolong sangat layak dan siap untuk diimplementasikan. Namun, ada beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli materi, dan ahli media.

Simpulan penelitian pengembangan ini adalahblog menulis berita untuk majalah sekolah, sudah layak diimplementasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Manfaat dari produk blog yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebagai alternatif dalam pemberian materi saat kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik berlangsung. Blog juga bukan sebagi bentuk pengganti guru, atau buku, namun sebagai referensi tambahan dalam memperoleh materi.