SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Kemampuan Berpikir melalui Pembelajaran Berbahasa Indonesia

Much. Nuril Huda

Abstrak


ABSTRAK

 

Huda, Much. Nuril. 2013. Pengembangan Kemampuan Berpikir melalui Pembelajaran Berbahasa Indonesia. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (2) Dra. Hj. Ida Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci: Kajian pustaka, pembelajaran berbahasa, kemampuan berpikir

 

Pembelajaran berbahasa Indonesia di sekolah membutuhkan aspek-aspek pengembangan kemampuan berpikir karena perkembangan jaman dan globalisasi. Pengembangan kemampuan berpikir dilakukan pada pembelajaran berbahasa disebabkan bahasa mempunyai unsur-unsur yang rumit. Oleh sebab itu, perlu adanya pengkajian pengembangan kemampuan berpikir pada pembelajaran berbahasa.

Penelitian ini bertujuan: 1. mendeskripsikan konteks yang melatarbelakangi pengembangan kemampuan berpikir melalui pembelajaran berbahasa, 2. memaparkan startegi pembelajaran pengembangan kemampuan berpikir yang dapat dilakukan melalui pembelajaran berbahasa, dan 3. menunjukkan contoh aplikasi pengembangan kemampuan berpikir melalui pembelajaran berbahasa.

Metode yang digunakan adalah studi dokumen. Awalnya, peneliti akan mengumpulkan sumber berupa dokumen sebanyak mungkin sebagai perbandingan untuk akurasi data. Agar tidak menyimpang dari tujuan penelitian, selanjutnya peneliti melakukan seleksi dengan membuat instrumen penelitian pengumpulan data disesuaikan dengan rumusan masalah. Proses seleksi ini didasarkan atas pengetahuan, skeptisisme, keyakinan, common sense, dan intelektualitas. Proses seleksi ini menggunakan dua metode: metode kritik teks dan metode kritik sumber.

Pembahasan dilakukan terhadap tiga hal: 1. konteks yang melatarbelakangi pengembangan kemampuan berpikir pada pembelajaran berbahasa, 2. strategi pembelajaran pengembangan kemampuan berpikir dipadukan melalui pembelajaran berbahasa, 3. contoh aplikasi strategi pengembangan kemampuan berpikir pada pembelajaran berbahasa. Sebagai hasilnya, dalam konteks dan strategi pembelajaran berbahasa, khususnya berbahasa Indonesia, pembelajaran berbahasa Indonesia mengandung unsur-unsur pengembangan kemampuan berpikir.  Kajian terhadap pengembangan kemampuan berpikir pada pembelajaran berbahasa ini menjadi acuan agar pembelajaran berbahasa, khususnya bahasa Indonesia, menjadi dapat mengembangkan aspek intelektualitas pada diri siswa.

Saran untuk penelitian selanjutnya, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan berpikir dan berbahasa, peneliti diharapkan memahami neurolinguistik. Pada proses pembuatan kurikulum, sebaiknya proses kemampuan berpikir disisipkan ke pendidikan karakter agar mental bangsa selain berkarakter juga berwawasan dan memiliki intelektualitas yang tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Huda, Much. Nuril, 2013. Developing Thinking Skill Done Through Indonesian Language Teaching. Thesis, Indonesia Language Department State University of Malang. Advisor: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (2) Dra. Hj. Ida Lestari, M.Si.

 

Keywords: document study, language learning, thinking skill

 

Language learning in school requires the development aspects of the ability to think cause of the changing times and also globalization. Development of thinking skills did on language learning because language has a complicated elements. Therefore, it is necessary to study the development of thinking skills in language learning.

This study aims to: 1. describe the context behind the need for the development of thinking skills incorporated through language learning, 2. To describe the development of thinking skills and Indonesian language that can be done through language learning strategies, and 3. show examples of the strategies application development of thinking skills Indonesian language and learning through language.

The method used is the study documents. Here researchers study documents will be collecting source documents as much as possible in advance so that a comparison of data to be entered being valid. Then to select the data does not deviate from the purpose of the study, researchers make data collection instruments , which is adjusted to the formulation of the problem. This selection process is based on knowledge, skepticism, belief, common sense, and intellect . The selection process was carried out using the method of textual criticism is done using several ways, by read the text, by examining the context ( situation that has to do with an event), and by examining discourse: see the full intent of the text.

The point of working through is three point: 1. context behind the need for the development of thinking skills incorporated through language learning, 2. development of thinking skills and Indonesian language that can be done through language learning strategies, 3. sample of strategies development of thinking skills through the study of this language into a language reference for more focused learning. As a result, in Indonesian language lessons context and strategy, especially Indonesian language, contain thinking skill’s element development. On the type of research literature review related to the development of thinking skills, further research is expected to study psycholinguistics, more particularly in sub neurolinguistic. In process of curriculum making, thinking skills development aspects should be aligned with the character education that the nation's mental character can also be insightful and have high intellegency.