SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Kalimat dalam Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang Tahun 2013

NUGROHO NUR CAHYONO

Abstrak


ABSTRAK


Cahyono, Nugroho Nur. 2013. Penggunaan Kalimat dalam Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang Tahun 2013. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd., (II) Karkono, S.S., M.A.
 
Kata Kunci: penggunaan kalimat, karya ilmiah siswa
 
Karya ilmiah adalah karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni yang ditulis sesuai dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman yang telah ditetapkan. Karya ilmiah berusaha mengomunikasikan informasi baru, gagasan, kajian, dan/atau hasil penelitian sehingga pembaca dapat menerima dengan jelas informasi penting yang disampaikan. Informasi yang disampaikan dalam karya ilmiah bersifat logis dan realistis sehingga penulisan karya ilmiah hendaknya menggunakan bahasa yang jelas, tepat, formal, dan lugas serta berpijak pada data maupun fakta. Oleh sebab itu, penggunaan kalimat dalam karya ilmiah siswa tetap berpegang pada kaidah bahasa baku bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi yang objektif tentang penggunaan kalimat dalam karya ilmiah siswa berdasarkan (1) kategori frasa yang menjadi predikat, (2) hadir tidaknya objek, dan (3) jumlah klausanya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan disusun dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah teks karya ilmiah siswa kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang. Data dalam penelitian ini adalah kutipan kalimat yang terdapat dalam karya ilmiah siswa kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang tahun 2013. Instrumen dalam penelitian ini adalah panduan kriteria identifikasi data. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik identifikasi data. Data yang terkumpul berupa kalimat dalam teks karya ilmiah siswa dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data disertai analisis, dan penarikan simpulan. Pengecekan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan kepada ahli.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, berdasarkan kategori frasa yang menjadi predikat, dalam karya ilmiah siswa kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang digunakan kalimat nomina, kalimat verba, kalimat adjektiva, dan kalimat numeralia, sedangkan kalimat preposisiona tidak digunakan.
Kedua, berdasarkan hadir tidaknya objek, dalam karya ilmiah  siswa kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang digunakan kalimat transitif, kalimat semitransitif, kalimat intransitif tak lengkap, kalimat intransitif lengkap, dan kalimat intransitif semilengkap.
Ketiga, berdasarkan jumlah klausa, dalam karya ilmiah siswa kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang digunakan kalimat sederhana dan kalimat luas. Kalimat luas yang digunakan dalam karya ilmiah siswa kelas XI SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang adalah kalimat luas setara, kalimat luas tidak setara, dan kalimat luas campuran.
Saran penelitian ini disampaikan pada peneliti dan pengajar Bahasa Indonesia. Bagi peneliti Bahasa Indonesia disarankan agar melakukan penelitian serupa lebih mendalam lagi terkait masalah kebahasaan, khususnya yang berkaitan dengan kalimat. Bagi pengajar Bahasa Indonesia disarankan untuk melakukan pertimbangan penentuan bahan ajar, terutama yang berkaitan dengan penggunaan kalimat dan karya ilmiah.