SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN MENULIS PROPOSAL UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MALANG

NYOMAN YULIO KARDONA

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK: Pembelajaran menulis proposal penting diajarkan selain tercantum dalam Standar Kompetensi juga untuk menunjang kompetensi menulis siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran menulis proposal untuk berbagai keperluan di SMA Negeri 4 Malang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan yang ada sudah terinci baik dan lengkap dengan rincian perencanaan (1) identitas RPP, (2) tujuan pembelajaran, (3) materi pembelajaran, (4) metode pembelajaran, (5) kegiatan pembelajaran, (6) sumber belajar dan media pembelajaran, dan (7) perencanaan penilaian pembelajaran menulis proposal. Pelaksanaan pembelajaran menulis proposal juga sudah sesuai dengan perencanaan yang meliputi (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegiatan penutup pembelajaran menulis proposal. Penilaian pembelajaran menulis proposal sudah sesuai yang meliputi (1) penilaian proses, dan (2) penilaian hasil pembelajaran menulis proposal.

Kata kunci: pembelajaran menulis, proposal

 

ABSTRACT: Lessons taught besides writing important proposals contained in the Competency Standards also to support the students' writing competence. This study aims to describe the planning, execution, and assessment of learning writing proposals for various purposes in SMAN 4 Malang. The method used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that there are already detailed planning well and complete with details of planning (1) the identity of the lesson plan, (2) learning objectives, (3) learning materials, (4) methods of learning, (5) learning activities, (6) learning resourcesmedia and learning, and (7) the planning proposal writing learning assessment.Implementation of learning to write the proposal also is in conformity with the plan that includes (1) the initial activity, (2) core activities, and (3) learning to write a proposal cover activities. Assessment of learning is appropriate to write a proposal that includes (1) the assessment process, and (2) assessment of learning outcomes writing proposals.

Key words: writing instruction, proposal