SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Teks Berita Tulisan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Ananda Permata Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ananda Permata. 2013. Analisis Teks Berita Tulisan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd. (II) Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum.

 

Kata kunci: teks berita, pembelajaran menulis

 

Keterampilan menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis diajarkan dalam konteks yang berbeda-beda, yaitu menulis surat, menulis teks berita, menulis pengumuman, dan lain-lain. Salah satu keterampilan menulis yang dapat dikembangkan menjadi sebuah profesi yaitu keterampilan menulis teks berita. Menulis teks berita bertujuan untuk melatih siswa merangkaikan peristiwa dalam sebuah teks.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelengkapan dan ketepatan struktur berita, jenis teras berita yang digunakan, kelengkapan dan ketepatan unsur berita, serta bahasa jurnalistik yang digunakan pada aspek kehematan kata dan kecermatan dalam tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan kelengkapan struktur berita, jenis teras berita yang digunakan, kelengkapan unsur berita, dan bahasa jurnalistik yang digunakan pada aspek kehematan kata dan kecermatan dalam tulisan siswa. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti, sedangkan alat bantu yang digunakan berupa panduan analisis. Data penelitian ini berupa 66 teks berita tulisan siswa kelas VIII. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII C, dan VIII D SMP Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2012/2013.

Berdasarkan analisis data ditemukan empat temuan penelitian. Pertama, kelengkapan struktur berita yang berupa (1) judul berita, (2) teras berita, dan (3) tubuh, sebagian besar struktur berita tulisan siswa sudah lengkap. Teks berita siswa yang tidak lengkap dikarenakan tidak ada judul berita dan tubuh berita. Ketepatan isi dari judul, teras berita dan tubuh berita masih banyak ditemukan ketidaktepatan. Kedua, jenis teras berita yang paling banyak digunakan adalah what lead dan jenis teras berita yang paling sedikit adalah how lead. Ketiga, kelengkapan unsur teks berita yang meliputi (1) apa (what), (2) di mana (where), (3) kapan (when), (4) siapa (who), (5) mengapa (why), (6) bagaimana (how), sebagian besar unsur-unsur berita tulisan siswa tidak lengkap.Kejelasan dari isi unsur-unsur berita masih banyak tidak tepat, terutama unsur di mana, kapan, dan siapa. Keempat, penggunaan bahasa jurnalistik pada aspek kehematan kata. Pada teks berita tulisan siswa masih banyak ketidakhematan kata, yang dikarenakan masih banyak penggunaan kata-kata mubazir. Penggunaan bahasa jurnalistik pada aspek kecermatan ditemukan masih banyak kesalahan penggunaan (1) huruf kapital, (2) bahasa baku, (3) kata depan, (4) imbuhan, (5) konjungsi dan (6) partikel.

Dari hasil penelitian ini disampaikan saran sebagai berikut. Pertama, bagi guru bahasa Indonesia disarankan menggunakan hasil penelitian ini dijadikan bahan pembelajaran teks berita siswa, agar hasil tulisan teks berita siswa lebih baik lagi. Kedua, disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian pengembangan media untuk menulis teks berita siswa, khususnya dalam aspek kelengkapan unsur berita dan kecermatan penggunaan kaidah bahasa Indonesia.Ketiga, disarankan bagi siswa untuk meningkatkan hasil tulisan dalam konteks teks berita atau tulisan lainnya dengan memperbanyak latihan menulis.