SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Pedagogis Guru Bahasa Indonesia Tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Kawasan Tugu Malang

marcellina anandika

Abstrak


ABSTRAK

 

Anandika, MarcellinaYuniarta. 2013.KinerjaPedagogis Guru Bahasa Indonesia TersertifikasiSekolahMenengahAtasKawasanTugu Malang. Skripsi, JurusanSastra  Indonesia,  Fakultas Sastra, UniversitasNegeriMalang. Pembimbing: (I) Dr. WidodoHs, M.Pd, (II) Dr. HeriSuwignyo, M.Pd.

 

Kata kunci: kinerjapedagogis guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran.

 

Guru adalah jantung dari pendidikan, karena tanpa guru pendidikan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Guru bertugas sebagai pendidik dan pengajar pesertadidik. Sebagai pendidik,  guru berperan sebagai pembimbing dengan memberikan teladan dan arahan terhadap peserta didik, seperti halnya pengganti orang tua di rumah. Guru sebagai pengajar, yaitu guru yang memberikan pengetahuan dan teknologi  kepada peserta didik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan.

PeraturanPemerintah RI No. 74 tahun 2008 tentang Guru memaparkanbahwakompetensipedagogismerupakankemampuan guru dalampengelolaanpembelajaranpesertadidiksekurang-kurangnyameliputi: (1) pemahamanwawasanataulandasankependidikan, (2) pemahamanterhadappesertadidik, (3) pengembangankurikulumdansilabus, (4) perancanganpembelajaran, (5) pelaksanaanpembelajaran, (6) evaluasihasilbelajar, dan (7) pengembanganpesertadidikuntukmengaktualisasikanpotensi yang dimilikinya.

Artinya, kompetensipedagogisdapatjugadimaknaisebagaikemampuanmengelolapembelajaran yang perluuntukdilakukandenganbaikolehseorang guru.Maka dari itu, untuk mengetahui kompetensi pedagogis guru bahasa Indonesia SMA Negeri yang ada di kawasan Tugu Malang (SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4)sebagai sekolah favoritpeneliti mengadakan penelitian tentang kompetensi pedagogis guru bahasa Indonesia tersertifikasi di Sekolah Menengah Atas yang ada di kawasan Tugu Malang.

Tujuan dari penelitian evaluatif ini, yaitu (1) mendeskripsikan  kinerjapedagogisguru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri kawasan Tugu Malang dilihat dari perencanaannya dan (2) mendeskripsikan  kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia dalam pelaksanaan pembelajaran dan (3) mendeskripsikan kinerja pedagogis guru bahasa Indonesia dalam melaksanakan evaluasi.

Ada empat insrumen yang  digunakan dalam penelitian ini, yakni pedoman wawancarauntukmendapatkan data berupainformasidari guru, pedoman observasidengan data berupatranskripkegiatanpembelajaran yang dilaksanakanoleh guru danpesertadidik, danpedoman studi dokumentasidengan data berupa RPP yang dibuatoleh guru. Data dalampenelitianinidianalisissecaradeskriptifevaluatif.

Berdasarkanhasilpembahasandalampenelitianini, ditarikkesimpulkansebagaiberikut.Pertama,kinerja pedegogisguru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeri dilihat dari perencanaannya, keenam guru telahmenyusunRancanganPelaksanaanPembelajaransebelummengajardenganmengembangkantiap-tiapkomponenrancanganpelaksanaanpembelajarantersebut. Keenam RPP tersebutmemilikikekuatandankelemahantetapimasihmemerlukanupayapemenuhanindikator.

Kedua,kinerjapedagogis guru bahasa Indonesia dalampelaksanaanpembelajaran, enam guru yang terdiridari guru-guru bahasa Indonesia di SMA NegeriTugu Malang yang ditelitisemuanyatelahmenjalankankompetensipedagogisdenganbaik. Guru memahamikarakterpesertadidik, menguasaiteoribelajardanprinsip-prinsippembelajaran yang mendidik, mengembangkankurikulum yang terkaitdenganmatapelajaran, memanfaatkanteknologiinformasidankomunikasi, memfasilitasipengembanganpotensipesertadidik, danberkomunikasisecara, empatik, dansantuntelahdilakukanolehkeenam guru. Keenam guru telahmemenuhiindikatorkinerjapedagogisdalampelaksanaanpembelajaran, namunmasihperlumeningkatkankembali agar lebih optimal.

Ketiga, kinerja pedegogisguru bahasa Indonesia tersertifikasi Sekolah Menengah Atas Negeridalampelaksanaanevaluasitelahdilakukandenganbaikolehkeenam guru. Guru-guru melaksanakanevaluasidenganmenentukanprosedurpenilaiandanevaluasi proses danhasilbelajar, sertamelakukanevaluasi proses danhasilbelajar. Keenam guru telahmelampauistandarkinerjapedagogisdalampenilaian, yaitu guru telahmelampauistandar yang telahditetapkandanmemenuhikriteriakinerjapedagogisdalamhalmengevaluasi.