SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Muatan Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Anak Tahun 1990-an

Isma Latifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Latifah, Isma. 2013. Muatan Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Anak Tahun 1990-an. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, lirik lagu anak.

 

Lagu anak merupakan salah satu bagian dari sastra anak yang digemari oleh anak-anak. Lagu anak merupakan lagu yang memiliki isi dan bentuk yang dapat dijangkau dan dipahami anak sesuai dengan tingkat perkembangan jiwanya. Lagu anak mengandung banyak nasihat, nilai, dan pendidikan yang diperlukan anak. Di Indonesia, lagu anak memasuki masa keemasan pada tahun 1990-an. Berbeda dengan saat ini, lagu anak memiliki porsi yang cukup besar dalam dunia permusikan di Indonesia pada periode tersebut. Dalam kurun waktu terakhir ini, belum ditemukan penelitian yang membahas muatan pendidikan karakter dalam lagu anak tahun 1990-an. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai hal tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, dengan diri sendiri, dengan sesama, dengan lingkungan, dan dengan kebangsaan yang terdapat dalam lirik lagu anak tahun 1990-an.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu lagu anak tahun 1990-an. Data penelitian berupa frasa, klausa, atau kalimat dalam lirik lagu anak tahun 1990-an yang memuat pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis dokumen secara intesif. Instrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri, namun peneliti menggunakan instrumen pembantu berupa panduan kodifikasi data dan tabel panduan analisis data. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap memilih dan mengodifikasi data, menganalisis data sesuai dengan nilai karakter yang sesuai, dan tahap menarik kesimpulan serta verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh lima hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Dalam lirik lagu anak tahun 1990-an, wujud nilai tersebut berupa melaksanakan perintah agama dan menghindari larangan agama, senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan, serta mencintai Tuhan beserta ciptaan-Nya.

Kedua, nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri. Dalam lirik lagu anak tahun 1990-an terdapat wujud nilai jujur, tanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, kreatif, mandiri, ingin tahu, dan cinta ilmu.

Ketiga, nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan sesama. Dalam lirik lagu anak tahun 1990-an, wujud nilai tersebut, yaitu menghargai prestasi, bersahabat, dan demokratis.

Keempat, dalam lirik lagu anak tahun 1990-an, nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan diwujudkan dengan peduli lingkungan dan peduli sosial.

Dan yang terakhir, kelima, nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan kebangsaan. Dalam lirik lagu anak tahun 1990-an, nilai-nilai tersebut diwujudkan dengan adanya semangat kebangsaan, rasa cinta tanah air, dan toleransi.

Berdasarkan kelima hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelima kelompok nilai perilaku manusia terdapat dalam lirik lagu anak tahun 1990-an. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada guru TK serta SD, orang tua yang memiliki anak-anak balita hingga usia sekolah dasar, serta para pencipta lagu anak.