SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERTANYAAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALANG

Novita Alfatana

Abstrak


ABSTRAK

 

Alfatana, Novita. 2013. Pertanyaan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (2) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd.

 

Kata Kunci: pertanyaan guru, interaksi belajar-mengajar, pembelajaran bahasa Indonesia

Bertanya merupakan salah satu aspek penting dalam belajar. Guru memegang kendali dan peran penting di dalam kegiatan bertanya. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru aktif dalam memunculkan pertanyaan. Pertanyaan yang dimunculkan guru beragam bentuk dan fungsi. Oleh karena itu, perlu dibahas lebih lanjut tentang ragam bentuk pertanyaan, fungsi pertanyaan, serta kesesuaian pertanyaan dan jawaban yang muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Secara umum, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pertanyaan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Secara khusus, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan ragam bentuk pertanyaan, fungsi pertanyaan,  serta kesesuaian pertanyaan dan jawaban dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII dan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Malang. Data penelitian berupa pertanyaan guru, jawaban siswa, serta konteks munculnya pertanyaan dan jawaban. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi dan lembar pencatatan pertanyaan guru, jawaban siswa, serta konteks munculnya pertanyaan dan jawaban. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap identifikasi data, pengkodean data, klasifikasi data, penjabaran, dan penyajian data.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan. Pertama, ragam pertanyaan dilihat dari isinya diketahui bahwa pertanyaan mengingat, pertanyaan pemahaman, pertanyaan aplikasi, dan pertanyaan evaluasi muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sedangkan ragam pertanyaan dilihat dari bentuknya ditemukan pertanyaan dengan kata tanya di akhir kalimat, pertanyaan dengan jawaban tertutup dan pendek, serta pertanyaan tanpa didahului ilustrasi. Jenis-jenis pertanyaan tersebut  lebih sering muncul dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Malang. Kedua, pertanyaan yang muncul dalam pembelajaran bermacam fungsi. Fungsi pertanyaan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai pelacak, perintah, meminta konfirmasi, meminta informasi, dan menggali. Ketiga, kesesuaian pertanyaan dan jawaban dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat dari kualitas jawaban. Dari data yang diperoleh, ditemukan empat jawaban yaitu jawaban yang sesuai/tepat, kurang sesuai/tepat, tidak menjawab, dan tidak sesuai/salah.

Saran ditujukan kepada peneliti lanjut untuk mengadakan penelitian lanjut tentang munculnya pertanyaan dan jawaban dari guru maupun siswa dalam interaksi pembelajaran. Hal ini ditujukan untuk lebih menyempurnakan dan memperoleh data yang lebih mendalam dari penelitian sebelumnya.