SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN MENULIS PROPOSAL PADA SISWA KELAS XII SMKN 3 MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Linda dewi wulandari

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Wulandari, Linda Dewi. 2013. Pembelajaran Menulis Proposal pada Siswa Kelas

XII SMKN 3 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Sastra

Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.pd., (II) Dewi Pusposari, S.Pd., MPd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, menulis, proposal

Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat aspek keterampilan berbahasa yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Salah satu keterampilan menulis dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah keterampilan menulis proposal. Proposal merupakan rancangan/usulan yang berisi gambaran suatu penelitian/kegiatan. Pembelajaran menulis proposal menjadi penting karena melalui proposal, pembaca mampu mengetahui kualitas penelitian atau kegiatan yang akan dilakukan. Pembelajaran menulis proposal penting untuk diteliti karena pembelajaran ini masih menyisakan sejumlah masalah yang serius. Berbagai penelitian dari para ahli menunjukkan bahwa kemampuan menulis sejak tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi masih memprihatinkan.

Ada beberapa permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini meliputi: bagaimanakah perencanaan pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014, bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014,  dan bagaimanakah evaluasi pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang tahun pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XII SMKN 3 Malang jurusan kecantikan rambut. Data penelitian ini terdiri atas tiga data. Pertama, data analisis RPP berwujud dokumen RPP menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana. Kedua, data observasi pembelajaran berwujud transkrip pelaksanaan pembelajaran menulis proposal yang terdiri atas tuturan guru dan siswa selama pembelajaran. Ketiga, data evaluasi pembelajaran berwujud alat, proses, dan pegolahan hasil evaluasi pembelajaran.

Hasil penelitian pembelajaran menulis proposal pada siswa kelas XII SMKN 3 Malang pada tahun 2013/2014 meliputi: (1) RPP yang digunakan, disusun sendiri oleh guru, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis proposal dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, serta (3) evaluasi pembelajaran menulis proposal telah menunjukkan adanya penilaian proses dan penilaian hasil.