SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kualitas Karya Ilmiah Sederhana Berbasis Teks Terpilih dan Beragam Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kademangan

Faizatul Hanafiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanafiyah, Faizatul. 2013. Perbedaan Kualitas Karya Ilmiah Sederhana Berbasis Teks Terpilih dan Teks Beragam Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd., (II) Dr. Sunaryo HS, M.Hum.

 

Kata kunci: pembelajaran me¬nu¬lis, karya ilmiah sederhana, teks terpilih, teks beragam

 

Karya ilmiah adalah suatu bentuk tulisan untuk mengungkapkan ide dan gagasan menggunakan ragam bahasa ilmiah dalam suatu karya yang utuh dan lengkap. Karya ilmiah sederhana mengandung tiga hal pokok, yaitu (1) pendahuluan, (2) isi, dan (3) penutup. Kualitas karya ilmiah sederhana merupakan skor (nilai) karya ilmiah sederhana siswa yang diukur menggunkan rubrik penilaian karya ilmiah sederhana. Melalui karya ilmiah ini, siswa berlatih untuk menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Ide atau gagasan yang disampaikan siswa ini merupakan produk dari kegiatan berpikir kritis siswa. Siswa berpikir untuk merumuskan masalah dan mencari penyelesain dan kesimpulan dari pembahasan masalah. Suatu karya ilmiah harus didukung dengan rujukan untuk menguatkan teori pada bagian pembahasan. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah adalah dengan menyediakan sumber belajar berupa teks bacaan yang tepat. Diasumsikan bahwa dengan menggunakan sumber belajar teks terpilih dan teks beragam kualitas karya ilmiah sederhana siswa dapat meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan perbedaan kualitas karya ilmiah sederhana siswa yang diajarkan dengan menggunakan sumber belajar teks terpilih dan teks beragam.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen kuasi versi John W. Best. Terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberi perlakuan berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kademangan tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-C berjumlah 30 siswa dan IX-D yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Variabel yang diamati yaitu variabel bebas (teks terpilih dan teks beragam) dan variabel terikat (kualitas karya ilmiah sederhana). Terdapat dua instrumen yang digunakan yaitu (1) instrumen perlakuan, berupa teks terpilih dan teks beragam dan (2) instrumen pengukuran penelitian, berupa tes menulis karya ilmiah sederhana dan rubrik penilaian menulis karya ilmiah sederhana siswa pada tes awal (pratest) dan tes akhir (posttest). Pengujian data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan kemampuan siswa, dan uji hipotesis.

Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas karya ilmiah sederhana siswa dapat meningkat setelah diberi perlakuan dengan menggunakan sumber belajar teks terpilih. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji-t diperoleh nilai probabilitas Sig. (0,005) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kualitas karya ilmiah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan sumber belajar teks terpilih dan teks beragam.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diuraikan saran kepada beberapa pihak seperti guru, sekolah, dan peneliti selanjutnya. Guru harus mempertimbangkan sungguh pemilihan teks yang tepat untuk digunakan sebagai sumber belajar. Penggunaan sumber belajar teks terpilih dan beragam berhasil meningkatkan kualitas karya ilmiah sederhana siswa. Sekolah perlu memperhatikan pemberian sumber belajar pada pembelajaran di kelas agar kompetensi dalam kurikulum pendidikan tersampaikan dengan baik pada siswa. Peneliti lain yang ingin meneliti tentang teks bacaan dalam pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini pada kompetensi dasar yang berbeda.