SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERILAKU TOKOH DALAM CERPEN KARYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 MALANG

Wuri Setya Wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Wuri Setya. 2014. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Karya Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., (II) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd.

 

Kata Kunci: perilaku tokoh, cerpen, pembelajaran sastra

 

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang dibangun oleh unsur intrinsik berupa tokoh, latar, alur, dan tema. Cerpen yang ditulis siswa dikembangkan dari pengalaman belajarnya. Oleh karena itu, pola perilaku tokoh yang dikembangkan juga terbatas pada apa yang mereka alami atau pelajari. Perilaku adalah tindakan atau perbuatan berulang, baik verbal maupun nonverbal, yang dilakukan oleh tokoh. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perilaku personal tokoh, (2) perilaku sosial tokoh, dan (3) perilaku religius tokoh.

Penelitian ini termasuk penelitian kajian teks atau dokumen dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa kumpulan teks cerpen karya siswa kelas IX SMP Negeri 4 Malang. Data penelitian berupa kutipan-kutipan dalam cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Malang yang menunjukkan perilaku tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik kecermatan pengamatan peneliti dan diskusi dengan pembimbing.

Hasil penelitian ini berupa deskripsi perilaku tokoh dalam cerpen karya siswa kelas IX SMP Negeri 4 Malang. Perilaku tokoh tersebut meliputi (1) perilaku personal tokoh, (2) perilaku sosial tokoh,  dan (3) perilaku religius tokoh. Perilaku personal tokoh meliputi perilaku personal positif dan negatif. Perilaku personal positif meliputi (1) berpikir positif, (2) menjaga kesehatan, (3) bertanggungjawab, (4) memperbaiki kegagalan, dan (5) berani. Perilaku personal negatif meliputi (1) berpikir negatif, (2) tidak bertanggungjawab, dan (3) tidak berhati-hati. Perilaku sosial tokoh meliputi perilaku sosial postif dan negatif. Perilaku sosial positif meliputi (1) menghormati orang lain, (2) menolong sesama, (3) menyayangi sesama, (4) menyadari kesalahan, (5) bijaksana, (6) bermusyawarah, dan (7) menjenguk orang sakit. Perilaku sosial negatif meliputi (1) tidak jujur, (2) bertengkar, (3) tidak menghormati, dan (4) tidak menghargai. Perilaku religius tokoh meliputi (1) mempercayai Tuhan, (2) beribadah, (3) bersyukur, dan (4) berharap.

Saran penelitian ditujukan bagi guru, siswa, dan peneliti selanjutnya. Guru disarankan agar menggunakan metode lain, seperti observasi, untuk membangkitkan siswa dalam menciptakan pola perilaku tokoh yang lebihvariatif. Siswa disarankan agar memanfaatkan orang-orang yang ada di sekitarnya sebagai tokoh imajinatif dalam cerpen yang ditulisnya. Tokoh-tokoh tersebut misalnya tokoh kepala desa, penjual makanan, dan sebagainya, sehingga, tokoh-tokoh tersebut menjadi bervariasi, tidak hanya teman sekolah dan orang tua. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian yang relevan sehingga memperkaya temuan perilaku tokoh.