SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BAHAN TEKS TERPILIH DAN TEKS BERAGAM TERHADAP KUALITAS KARYA ILMIAH SEDERHANA SISWA SMA N 1 DURENAN

ENDAH KUSUMANINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumaningrum, Endah. 2013. Pengaruh Penggunaan Sumber Bahan  Teks Terpilih dan Teks Beragam terhadap Kualitas Karya Ilmiah Sederhana Siswa SMA N 1 Durenan. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono,M.Pd, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata kunci: sumber bahan, teks terpilih, teks beragam, karya ilmiah sederhana

 

Penulisan karya ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia telah diperkenalkan  pada siswa sejak pendidikan menengah pertama, kemudian dilanjutkan pada tingkat menengah atas. Namun, pengetahuan seorang siswa mengenai penulisan karya ilmiah seiring seringnya berlatih menulis karya ilmiah dari jenjang yang mudah hingga tingkat kesulitan cukup rumit belum tentu terus meningkat. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kegiatan menulis karya ilmiah sederhana ialah faktor bacaan. Mengingat hal tersebut, maka diusulkan sumber bahan bacaan yang menuntut siswa untuk gemar membaca. Sumber bahan tersebut yaitu teks terpilih dan teks beragam, di mana sumber bahan ini belum pernah diterapkan di SMAN 1 Durenan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyediaan sumber bahan teks terpilih dan teks beragam terhadap kualitas karya ilmiah sederhana siswa, yakni pada aspek-aspek: (1) merumuskan masalah, (2) merumuskan judul, (3) mengembangkan gagasan, (4) menggunakan aspek kebahasaan, dan (5) menulis rujukan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental Design) versi John W.Best prates-posttes tak ekuivalen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: (1) instrumen perlakuan, dan (2) instrumen pengumpulan data. Instrumen perlakuan berupa pemberian teks terpilih dan pemberian teks beragam. Instrumen pengumpulan data berupa perintah dan petunjuk menulis karya ilmiah sederhana dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis karya ilmiah sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif, yakni yakni dengan teknik analisis rata-rata, dan uji-t (Independent Sample T Test).

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Sumber bahan teks terpilih dan teks beragam, keduanya mempunyai pengaruh dalam menulis karya ilmiah sederhana, terbukti dari meningkatnya rata-rata hasil tes awal ke tes akhir. Penggunaan sumber bahan teks terpilih mempunyai pengaruh lebih besar dari pada sumber bahan teks beragam dalam menulis karya ilmiah sederhana, terbukti dari rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjang oleh besarnya perbedaan skor pengembangan gagasan karya ilmiah sederhana siswa kelas eksperimen dan kelas kotrol. Jadi, kualiatas menulis karya ilmiah sederhana yang diajarkan dengan menggunakan sumber bahan teks terpilih lebih baik dibandingkan dengan kualitas menulis karya ilmiah sederhana yang diajarkan dengan menggunakan sumber bahan teks beragam.