SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH METODE ANALISIS SINTESIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA SMA NEGERI 2 MAGETAN

Wida Setya Purnama

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnama, Wida Setya. 2013. Pengaruh Metode Analisis-Sintesis terhadap Kemampuan Menulis Esai Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, FS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M. Pd., (II) Moch. Syahri, S.Sos, M.Si.

 

Kata Kunci: Metode  Analisis-Sintesis, Kemampuan Menulis Esai.

 

Esai merupakan salah satu jenis tulisan yang memiliki tingkat kebermanfaatan tinggi di masyarakat. Untuk itu, menulis esai perlu dibelajarkan pada siswa. Penulisan esai menuntut kemampuan analisis dan sintesis yang baik. Berdasarkan hal itu, diaplikasikanlah sebuah metode yang dioperasionalkan dari kemampuan berpikir yaitu metode Analisis-Sintesis.

Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan dugaan bahwa terdapat pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap kemampuan menulis esai. Adapun tujuan penelitian ini secara lebih rinci dirumuskan menjdi dua, yakni menguji (1) pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap kemampuan menulis esai siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Magetan secara umum, dan (2) pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap masing-masing aspek esai.

Desain dari penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Magetan, dengan sampel kelas XII IPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas XII IPA 5 (kelas kontrol). Kelas eksperimen dikenai perlakuan metode Analisis-Sintesis dan kelas kontrol dikenai perlakuan metode guru (Menulis Bebas-Ceramah). Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan yaitu (1) silabus, (2) RPP, (3) LKS, dan instrumen pengukuran yaitu perintah-petunjuk menulis esai serta rubrik penskorannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode Analisis-Sintesis terhadap kemampuan siswa dalam menulis esai. Secara khusus, metode Analisis Sintesis paling berpengaruh pada (1) penentuan topik, (2) perumusan judul, (3) penulisan pendahuluan, (4) pengembangan tubuh esai, dan (5) kemampuan siswa dalam memenuhi ketentuan panjang esai. Ditinjau dari nilai rerata, kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Saran yang diajukan peneliti berdasarkan temuan pada saat penelitian adalah (1) perlu diadakan penelitian bagi sekolah dengan kondisi serupa, (2) metode bisa digunakan untuk materi lain, dan (3) pembelajaran tentang kebahasaan dan ejaan bisa dibuat lebih menarik.