SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN BERPIDATO BAHASA JAWA MENGGUNAKAN TEKS MAHASISWA JURUSAN SASTRA INDONESIA PAKET BAHASA JAWA ANGKATAN 2009/2010 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Satria Gilang Fattahhillah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fattahhillah, Satria Gilang. 2013. Kemampuan Berpidato Bahasa Jawa Menggunakan teks Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Paket Bahasa Jawa Angkatan 2009/2010 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., (II) Dr. Nurchasanah, M.Pd.

 

Kata kunci: berpidato, teks bahasa jawa, kebahasaan non kebahasaan.

 

Berpidato Bahasa Jawa menggunakan teks merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum muatan lokal bahasa Jawa dan terdapat dalam silabus perkuliahan Menyimak Berbicara Bahasa Jawa Universitas negeri malang.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan berpidato Bahasa Jawa menggunakan teks mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Paket Bahasa Jawa pada aspek kebahasaan (suprasegmental) yang meliputi lafal, intonasi, jeda, dan volome, (2) mendeskripsikan kemampuan berpidato Bahasa Jawa menggunakan teks mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Paket Bahasa Jawa pada aspek nonkebahasaan yang meliputi kinesik, kelancaran, sikap, dan mimik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan hasilnya. Penelitian jenis ini dipilih karena bertujuan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa berpidato Bahasa Jawa menggunakan teks berdasarkan aspek kebahasaan dan aspek nonkebahasaan. Data penelitian ini berupa skor kemampuan berpidato menggunakan teks dari aspek kebahasaan dan aspek nonkebahasaan. Penelitian ini berupa tes unjuk kerja yang berupa performansi mahasiswa dalam berpidato menggunakan teks. Sumber data pada penelitian ini adalah video dokumentasi performansi berpidato mahasiswa pada mata kuliah Menyimak Berbicara Bahasa Jawa yang dilihat pada masing-masing aspek, kebahasaan dan nonkebahasaan. Tahapan proses penelitian ini melalui proses persiapan, pengkodean, dan penilaian.

Hasil penelitian pada aspek kebahasaan meliputi hasil pada segi pelafalan menunjukkan nilai rata-rata 79%. Hasil pada segi intonasi menunjukkan nilai rata-rata 75,6%. Hasil pada segi penjedaan menunjukkan nilai rata-rata 80%. Hasil pada segi volume menunjukkan nilai rata-rata 78%. Hasil penelitian pada aspek nonkebahasaan meliputi hasil pada segi kinesik menunjukkan nilai rata-rata 76%. hasil pada segi kelancaran menunjukkan nilai rata-rata 81%. Hasil pada segi sikap menunjukkan nilai rata-rata 79%. Hasil pada segi mimik menunjukkan nilai rata-rata 75%. Secara keseluruhan kemampuan mahasiswa termasuk dalam kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian, saran bagi dosen Paket Bahasa Jawa, hasil penelitian ini menjadi pertimbangan dalam memilih media pembelajaran berpidato. Bagi  mahasiswa paket Bahasa Jawa, hasil penelitian ini dapat dijadikan refleksi diri kemampuan mahasiswa dalam berpidato Bahasa Jawa sehingga dapat menambah motivasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya agar menambah aspek yang  menjadi acuan penilaian dalam berpidato.