SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS ILUSTRASI PADA BUKU TEKS ELEKTRONIK BAHASA INDONESIA UNTUK SEKOLAH DASAR: WUJUD, FUNGSI, DAN RELEVANSI

Fendy Yogha Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Fendy Yogha. 2013. Ilustrasi pada Buku Teks Elektronik Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar: Wujud, Fungsi, dan Relevansi. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurhadi M.Pd., (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd.

 

Kata kunci: Ilustrasi, buku teks elektronik, siswa sekolah dasar.

 

Ilustrasi adalah sajian secara visual berupa sebuah ide, objek, ataupun peristiwa yang terdapat dalam buku teks untuk mencerminkan teks/materi pelajaran agar inti dari suatu teks/materi tersebut bisa lebih mudah dipahami oleh siswa. Pencantuman ilustrasi sebagai bagian yang penting dalam buku teks bukanlah tanpa alasan. Keefektivan penggunaan ilustrasi sebagai media pembelajaran sudah banyak dibuktikan oleh berbagai peneliti. Tujuan penelitian ini adalah menemukan wujud, fungsi, dan relevansi ilustrasi pada buku teks bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data pada penelitian ini adalah ilustrasi yang memvisualkan sebuah materi atau teks. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks elektronik bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar dari situs resmi Kementerian Pendidika Nasional. Data dianalisis dengan tahapan (1) pengecekan data, (2) reduksi data, (3) pengodean data, (4) penyajian data, dan (5) penyimpulan.

Penelitian ini menghasilkan temuan yang dikelompokkan berdasarkan masalah yang diangkat. Pertama, wujud ilustrasi berdasarkan tingkat kerealistisan dibagi menjadi dua yaitu, (a) foto dan (b) gambar. Foto adalah jenis ilustrasi yang dibuat menggunakan teknik fotografi, sehingga didapatkan sebuah ilustrasi dengan tingkat kerealistisan yang tinggi. Wujud ilustrasi berdasarkan objek yang dominan dalam ilustrasi dibagi menjadi enam jenis, yaitu (a) ilustrasi berobjek manusia, (b) ilustrasi berobjek binatang, (c) ilustrasi berobjek tumbuhan, (d) ilustrasi berobjek benda mati, (e) ilustrasi berobjek simbol/logo/tanda, (f) denah, dan (g) ilustrasi pemandangan. Ilustrasi berobjek manusia adalah ilustrasi yang di dalamnya terdapat manusia sebagai objek yang dominan. Wujud ilustrasi berdasarkan warna yang dimiliki dibagi menjadi tiga jenis, yaitu (a) ilustrasi berwarna hitam putih, (b) ilustrasi berwarna sebagian, dan (c) ilustrasi berwarna penuh. Wujud ilustrasi berdasarkan ada tidaknya dialog yang mengikuti dibagi menjadi dua jenis, yaitu (1) ilustrasi diikuti dialog dan (2) ilustrasi tanpa dialog.

Kedua, fungsi ilustrasi berdasarkan letak dibagi menjadi empat jenis yaitu: (a) fungsi ilustrasi di awal bab, (b) fungsi ilustrasi di awal subbab, (c) fungsi ilustrasi pada teks bacaan, dan (d) fungsi ilustrasi pada soal/pengayaan. Keenam, fungsi ilustrasi berdasarkan perannya pada siswa dibagi menjadi empat jenis yaitu: (a) fungsi kognitif, (b) fungsi atensi, dan (c) fungsi visualisasi. Ketujuh, berdasarkan objek di dalamnya fungsi ilustrasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: (a) fungsi deskriptif, (b) fungsi ekspresif, dan (c) fungsi konstruktif.

Ketiga, relevansi ilustrasi dibedakan menjadi empat jenis, yaitu: (a) relevansi ilustrasi dengan teks, (b) relevansi ilustrasi dengan materi, (c) relevansi ilustrasi dengan karakteristik siswa sekolah dasar, dan (d) relevansi ilustrasi dengan latihan soal.

Bedasarkan penelitian ini, saran ditujukan bagi (1) guru agar memilih buku teks yang memiliki ilustrasi yang menarik dari segi tampilan dan pastikan pula ilustrasi yang disajikan sesuai dengan materi atau teks yang mendampinginya, (2) bagi ilustrator dan penyusun buku teks pelajaran agar ilustrasi yang dibuat harus bisa menggambarkan isi dari materi yang disajikan secara tepat dan menarik perhatian siswa terhadap materi pembelajaran (3) bagi peneliti lain agar melakukan penelitian pada buku teks untuk siswa SMP, SMA, dan SMK, (4) bagi orang tua dan masyarakat luas agar dapat lebih selektif dalam memilih buku teks yang berkualitas