SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Anggota Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri I Nganjuk

endang fitria

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitria, Endang. 2013. Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Anggota Kelompok Ilmiah Remaja SMAN I Nganjuk. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

 Kata kunci: kemampuan menulis, karya tulis ilmiah, Kelompok Ilmiah Remaja Kemampuan menulis karya ilmiah adalah kemampuan siswa untuk menuangkan ide-ide ke dalam sebuah karya tulis yang didasarkan pada fakta empiris melalui penelitian ilmiah dengan menggunakan metode tertentu. Kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan menulis yang terus dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia, baik melalui pembelajaran bahasa Indonesia, maupun melalui ekstrakurikuler. Kelompok Ilmiah Remaja SMAN I Nganjuk merupakan salah satu organisasi di SMAN I Nganjuk yang berkecimpung dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan melalui kegiatan menulis maupun penelitian. Dengan demikian, Anggota KIR SMAN I Nganjuk memperoleh pengalaman belajar menulis karya ilmiah yang lebih intensif.  Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan 1) mengolah bahan menjadi karya tulis ilmiah yang meliputi, kemampuan menyusun latar belakang, merumuskan masalah, mengolah data, dan membuat kesimpulan, 2) menggunakan bahasa dalam penulisan karya ilmiah yang meliputi, kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca, menggunakan pilihan dan bentuk kata, mengembangkan kalimat, dan mengembangkan paragraf, dan 3) menulis kutipan dan daftar rujukan dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes menulis karya ilmiah. Instrumen yang digunakan adalah lembar tugas siswa yang berisi ketentuan-ketentuan dalam penulisan karya ilmiah beserta lampiran. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan, tahap pengkodean, dan tahap penilaian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kemampuan mengolah bahan dalam penulisan karya ilmiah. Persentase kemampuan menulis karya ilmiah untuk masing-masing aspek yaitu, sebesar 20% dari keseluruhan jumlah sampel mampu menyusun latar belakang, sebesar 47% mampu merumuskan masalah, sebesar 23% mampu mengolah data, dan sebesar 13% mampu merumuskan kesimpulan. Kedua, kemampuan menggunakan bahasa dalam menulis karya ilmiah siswa anggota Kelompok Ilmiah Remaja. Persentase kemampuan menulis karya ilmiah untuk masing-masing aspek yaitu, sebesar 87% dari keseluruhan jumlah sampel mampu menggunakan ejaan dan tanda baca, sebesar 53% dari keseluruhan jumlah sampel mampu menggunakan pilihan dan bentuk kata, sebesar 13% dari keseluruhan jumlah sampel mampu mengembangkan kalimat, dan sebesar 13% dari keseluruhan jumlah sampel mampu mengembangkan paragraf. Ketiga, kemampuan menulis kutipan dan daftar rujukan. Persentase kemampuan menulis karya ilmiah untuk masing-masing aspek yaitu, sebesar 20% dari keseluruhan jumlah sampel mampu menulis kutipan dan sebesar 67% mampu menulis daftar rujukan.