SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Dengan Menggunakan Strategi Pemodelan Untuk Peserta Didik Kelas VII Kejar Paket B

nuril komariah

Abstrak


ABSTRAK

 

Komariah, Nuril. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Dengan Menggunakan Strategi Pemodelan Untuk Peserta Didik Kelas VII Kejar Paket B. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muakibatul Hasanah, M. Pd. (2) Dewi Pusposari, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, strategi pemodelan, pembelajaran menulis narasi Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa selain mendengarkan, membaca, dan berbicara. Dalam situasi nonformal,  bahan ajar yang termasuk dalam komponen pembelajaran kurang efektif melatih siswanya untuk menulis dengan baik dan runtut. Hal ini juga berkaitan dengan ketersediaan komponen-komponen pembelajaran, khususnya dalam hal bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan oleh para tutor kejar paket masih minim, hanya berbatas pada buku paket saja. Hal ini tentu menjadi salah satu hambatan bagi siswa dalam kegiatan penguasaan ilmu pengetahuan ketika pembelajaran berlangsung, perlu adanya bahan ajar berisi materi serta latihan-latihan bervariasi yang dapat memenuhi tujuan pembelajaran yakni dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa. Bahan ajar yang beredar belum secara menyeluruh melatih keterampilan menulis narasi peserta didik dengan baik. Selain itu, kebanyakan bahan ajar yang ada belum mengajarkan peserta didik untuk menulis narasi secara utuh beserta komponen-komponen pembangun narasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis narasi menggunakan strategi pemodelan Kejar Paket B Peserta Didik Kelas VII dan mengetahui proses  kevalidan bahan ajar menulis narasi Peserta Didik Kejar Paket B kelas VII. Bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti untuk mengajarkan peserta didik menulis narasi ini dengan menggunakan strategi pemodelan. Strategi pemodelan merupakan strategi yang digunakan untuk memberikan model atau contoh pada peserta didik untuk mengembangkan tulisan narasi. Bahan ajar menulis narasi dengan menggunakan strategi pemodelan ini mengacu pada pemberian tahapan-tahapan menulis narasi berdasarkan teks wawancara serta contoh latihan menulis narasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg n Gall. Model penelitian dan pengembangan ini dirumuskan dalam langkah-langkah berikut ini, (1) tahap prapengembangan terdiri dari tahap penelitian dan pengumpulan data serta perencanaan, (2) tahap pengembangan yaitu pengembangan draft produk, (3) tahap uji coba yaitu tahap uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan, (4) tahap terakhir yaitu tahap revisi dan tahap penyempurnaan produk uji coba. Setelah produk selesai di uji coba, maka pengembang melakukan revisi berdasarkan saran dan hasil uji coba. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dan dipaparkan apa adanya. Data ini digunakan sebagai bahan revisi produk. Adapun data kuantitatif dari angket uji kelayakan produk dianalisis dan dijadikan bahan revisi akhir produk.ii Berdasarkan hasil uji coba diperoleh data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh rata-rata 66,7%, oleh praktisi 83,3% dan uji lapangan memperoleh rata-rata 87,5%. Hasil analisis data sistematika oleh praktisi dan ahli bahan ajar memperoleh rata-rata 98% dan hasil uji lapangan rata-rata 80%. Hasil analisis data bahasa oleh ahli bahan ajar diperoleh rata-rata 90%, praktisi diperoleh rata-rata 100%, dan uji lapangan diperoleh rata-rata 92,5%. Hasil analisis data tampilan uji bahan ajar diperoleh rata-rata 83%, oleh praktisi diperoleh rata-rata 94% dan uji lapangan diperoleh data 85%.Hasil revisi produk bahan ajar menulis narasi ini adalah bahan ajar ini memiliki tiga tahapan bagian, yaitu mengenal ciri-ciri narasi berdasarkan teks wawancara, mengenalkan kalimat langsung dalam wawancara, dan menulis narasi berdasarkan teks wawancara. Sistematika bahan ajar