SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teknik-teknik Membaca Cepat dan Efektif untuk Menunjang Pembelajaran Produktif Beragam Mata Pelajaran

Andini Lailatul Priyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Priyani, Andini Lailatul. 2013. Teknik-Teknik Membaca Cepat dan Efektif untuk Menunjang Pembelajaran Produktif Beragam Mata Pelajaran. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M. Pd., (II) Drs. Dwi Saksomo, M. Si.

 

Kata kunci: teknik membaca cepat, pembelajaran produktif

 

Penelitian ini didasarkan pada kondisi rendahnya kemampuan membaca cepat siswa di Indonesia. Dari fakta yang diperoleh, posisi Indonesia dalam hal kemampuan membaca berada jauh di bawah negara-negara lain. Hal ini sangat memprihatinkan karena kemampuan membaca merupakan dasar penguasaan pengetahuan seseorang. Di samping itu, kemampuan membaca ini juga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan teknik-teknik membaca cepat dan efektif yang dapat menunjang pembelajaran produktif beragam mata pelajaran, (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor penunjang (kondisi positif) untuk mempraktikkan teknik-teknik membaca cepat dan efektif yang dapat menunjang pembelajaran produktif beragam mata pelajaran, (3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat (kondisi negatif) pelaksanaan teknik­teknik membaca cepat dan efektif yang dapat menunjang pembelajaran produktif beragam mata pelajaran dan alternatif pemecahannya, (4) untuk mendeskripsikan potensi keberhasilan penerapan teknik-teknik membaca cepat dan efektif untuk menunjang pembelajaran produktif beragam mata pelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau disebut juga riset kepustakaan. Data dan sumber data penelitian ini adalah data verbal yang berasal dari laporan-laporan penelitian seputar penerapan teknik membaca cepat dan efektif, artikel dalam jurnal yang membahas perihal teknik membaca cepat efektif, serta buku-buku referensi yang membahas mengenai teknik-teknik membaca cepat dan efektif dan pembelajaran produktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah matrik pencatatan atau perekaman data. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi.

Dari hasil analisis data tersebut ditemukan empat kesimpulan. Pertama, bahwa dari empat teknik membaca cepat yang ditemukan, ada tiga teknik yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran produktif beragam mata pelajaran, yaitu teknik membaca memindai (scanning), teknik membaca lompat (skimming), dan Trifocus Steve Snyder. Adapun teknik Baca Kilat tidak efektif jika diterapkan dalam pembelajaran karena dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu yang relatif banyak.

Kedua, faktor-faktor penunjang dalam keterampilan membaca cepat yakni motivasi, kosakata, membuat tujuan membaca, latar belakang pengetahuan, dan konsentrasi. Ketiga, faktor penghambatnya yakni perbedaan tingkatan kemampuan membaca siswa, waktu perencanaan yang memadai, tekanan terhadap guru untuk mampu mencakup semua materi, dan kekhawatiran guru tentang kualitas materi. Keempat, bahwa keterampilan membaca cepat berpotensi untuk diterapkan dalam pembelajaran abad ke-21.