SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa dalam yel-yel Suporter Sepakbola Persija Jakarta (The Jakmania)

Adiel Kundhara

Abstrak


ABSTRAK

 

Kundhara, Adiel. 2013. Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa dalam yel-yel Suporter Sepakbola Persija Jakarta (The Jakmania). Skripsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Sunaryo HS, S.H. M.Hum (2) Dr. Kusubakti Andajani, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci : Diksi, Gaya Bahasa, Yel

 

Kerap kali masyarakat memberikan nilai suporter sepakbola dari sisi yang negatif saja. Suporter identik dengan kekerasan dan sikap premanisme. Namun, hal tersebut berbeda dengan komunitas yang bernama The Jakmania. The Jakmania merupakan suporter yang mendukung secara totalitas terhadap tim Persija Jakarta. Mereka sebagian besar berasal dari Jakarta atau suku Betawi, tetapi terdapat pula dari daerah lain yang memiliki kecintaan dan kerinduan untuk Macan Kemayoran julukan Persija Jakarta. The Jakmania memiliki perbedaan dengan suporter sepakbola yang lain yakni sangat kreatif dalam membuat yel. Yel mereka kerapkali menjadi obyek percontohan bagi suporter sepakbola di Indonesia. Yel yang disadur dari struktur syair ini merupakan sebuah latar kebudayaan dari asal mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penggunaan diksi dan gaya dalam yel suporter bola Persija Jakarta (The Jakmania).

Dalam pengumpulan datanya, penelitian ini menggunakan data naskah yel The Jakmania baik dari rekaman audio-visual atau naskah yang terdapat di media elektronik (internet). Dari hasil pengolahan data atau analisis data dapat diketahui: klasifikasi penggunaan diksi dan gaya bahasa.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kata populer merupakan jenis kata yang sering digunakan oleh The Jakmania supaya dapat dijangkau oleh semua kalangan dan dapat diterima oleh komunitas lain atau masyarakat umum. Sedangkan dari sisi gaya bahasa The Jakmania lebih menekankan pada gaya bahasa tak resmi, mulia dan bertenaga serta condong memberikan unsur penegasan. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan menganalisis asal-muasal dari penggunaan yel oleh The Jakmania.