SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BENTUKAN KATA DALAM CATATAN HARIAN MAHASISWA PROGRAM IN COUNTRY UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2011/2012

Alvatika Fitria Imtiadewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Imtiadewi, Alvatika Fitria. 2013. Bentukan Kata dalam Catatan Harian Mahasiswa In Country Universitas Negeri Malang Tahun 2011/2012. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurchasanah, M.Pd, (2) Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata kunci: bentukan kata, afiksasi, reduplikasi, pemajemukan, dan catatan harian

Meningkatnya kebutuhan terhadap penguasaan bahasa Indonesia menyebabkan banyaknya permintaan akan ketersediaan sarana pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran BIPA mempunyai tugas untuk membina pelajar agar terampil menggunakan bahasa Indonesia secara tulis maupun lisan. Salah satu program BIPA untuk pembelajar asing dari Thailand adalah program In Country. Aktivitas menulis merupakan aktivitas wajib mahasiswa In Country. Mahasiswa In Country tingkat pemula banyak mengalami kesulitan berbahasa Indonesia pada proses pembentukan kata, struktur kalimat, dan pemilihan kata. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui bentukan kata dengan afiksasi, bentukan kata dengan reduplikasi, dan bentukan kata dengan pemajemukan yang digunakan dalam catatan harian mahasiswa In Country.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini meliputi (1) bentukan kata dengan afiksasi, (2) bentukan kata dengan reduplikasi, dan (3) bentukan kata dengan pemajemukan dalam catatan harian. Instrumen yang digunakan adalah panduan pengambilan data dan panduan analisis data. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan analisis data, yaitu (1) pengelompokan data, (2) pengolahan data, dan (3) penarikan simpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam catatan harian mahasiswa In Country didapati, (1) bentukan kata berupa afiksasi, yaitu (i) prefiksasi ber-, (ii) prefiksasi me-, (iii) prefiksasi ter-, (iv) prefiksasi pe-, (v) sufiksasi –an, (vi) sufiksasi –nya, (vii) konfiks pe-an, (viii) konfiks ke-an, dan (ix) gabungan afiks me-kan, (2) bentukan kata berupa reduplikasi, yaitu (i) reduplikasi dasar, (ii) reduplikasi berimbuhan, dan (iii) reduplikasi berubah bunyi atau fonem, serta (3) bentukan kata berupa pemajemukan.

Para pengajar BIPA sebaiknya memerhatikan agar kompetensi bahasa tulis dan bahasa lisan lebih seimbang. Oleh karena itu, lebih baik pengajar BIPA menerapkan materi ajar tentang penggunaan bentukan kata sesuai dengan materi pada setiap kegiatan belajar bahasa sasaran, sehingga dapat meningkatkan penguasaan struktur bahasa. Penggunaan catatan harian ini juga sebaiknya dijadikan sebagai langkah pembelajaran rutin karena manfaatnya yang sangat besar dan sebaiknya sebelum dimulai kegiatan pembelajaran selalu diawali dengan pembahasan kosa kata baru yang ditemukan dalam catatan harian yang ditulis mahasiswa ataupun kesalahan bentukan kata yang ditemukan