SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Abstrak Skripsi Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang Tahun 2008-2012.

Ni'matul Awalin

Abstrak


ABSTRAK

 

Awalin, Ni’matul. 2013. Kualitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Abstrak Skripsi Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang Tahun 2008-2012. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryo H.S, S.H, M.Hum. (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci: penggunaan bahasa, abstrak skripsi, mahasiswa Jurusan Sastra  Indonesia

 

Salah satu keharusan bagi mahasiswa di perguruan tinggi  adalah membuat karya tulis ilmiah. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang harus diselesaikan mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang S1. Dalam penulisan skripsi, abstrak diletakkan di halaman awal. Abstrak memuat inti sari laporan penelitian yang disajikan secara padat dan jelas. Ketika menulis abstrak, mahasiswa perlu memerhatikan penggunaan bahasanya agar gagasan dan hasil penelitiannya dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengetahui kualitas penggunaan bahasa mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, dilakukan analisis kualitas penggunaan bahasa Indonesia dalam abstrak skripsi mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 2008-2012 pada aspek pemaragrafan, pengalimatan, pembentukan kata dan pemilihan kata, serta penggunaan ejaan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan alat bantu berupa panduan analisis. Data penelitian ini berwujud data nonverbal dalam abstrak skripsi mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 2008-2012. Sumber data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 2008-2012 yang berjumlah 58 abstrak. Kegiatan analisis dimulai dengan pengumpulan data, analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan  data dilakukan dengan pengonsultasian kepada dosen pembimbing penelitian.

Berdasarkan analisis data pada abstrak skripsi  mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 2008-2012 diperoleh empat hasil penelitian. Pertama, kualitas pemaragrafan abstrak skripsi yang tepat sebanyak 32 abstrak (55%), kurang tepat sebanyak 24 abstrak(41%), dan tidak tepat sebanyak 2 abstrak (4%). Kedua, kualitas pengalimatan abstrak skripsi yang tepat sebanyak 8 abstrak (14%), kurang tepat sebanyak 43 abstrak(74%), dan tidak tepat sebanyak 7 abstrak (12%). Ketiga, kualitas pembentukan kata dan pemilihan kata abstrak skripsi yang tepat sebanyak 9 abstrak (16%), kurang tepat sebanyak 33 abstrak (57%), dan tidak tepat sebanyak 16 abstrak (27%). Keempat, kualitas penggunaan ejaan abstrak skripsi yang tepat sebanyak 1 abstrak (2%), kurang tepat sebanyak 25 abstrak(43%), dan tidak tepat sebanyak 32 abstrak (55%).

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, bagi tenaga pengajar bahasa, disarankan untuk melakukan perbaikan pembelajaran menulis terutama menulis karya ilmiah dari sisi penggunaan bahasa. Kedua, bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian pada aspek lain terkait dengan abstrak skripsi, misalnya sistematika penulisan abstrak skripsi mahasiswa Universitas Negeri Malang. Ketiga, bagi mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai rujukan menulis abstrak skripsi yang baik dan benar.