SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO OPERA VAN JAVA UNTUK SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 DIWEK JOMBANG

Nana Fibri Yani

Abstrak


ABSTRAK

 

Yani, Nana Fibri . 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Naskah Drama dengan Media Video Opera Van Java. Skripsi,  Jurusan Sastra Indonesia.  Fakultas  Sastra. Universitas  Negeri Malang. Pembimbing:  (1) Dr. Hj. Yuni  Pratiwi ,  M. Pd., (2) Indra Suherjanto, S.Pd, M.Sn.

 

Kata  kunci:  Pembelajaran  menulis,  Menulis  kreatif  naskah  drama,  Media video  Opera Van Java

 

Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan menulis  mempunyai  peranan  penting  karena menulis  merupakan  usaha untuk menuangkan  ide, pikiran,  perasaan dan kemauan  dengan  wahana bahasa  tulis.  Penggunaan  media  yang  tepat dalam  pembelajaran merupakan  hal  yang  harus dipertimbangkan  oleh pengajar  agar tujuan pembelajaran  menulis  dapat tercapai   secara optimal .  Berdasarkan  hasil pengamatan,  diketahui  pembelajaran  menulis  siswa kelas VIII-F SMP Negeri  1 Diwek  Jombang  perlu  ditingkatkan.  Kemampuan  menulis  siswa masih  rendah  dan belum  mencapai  nilai  standar yang  ditetapkan  sekolah tersebut  terutama  pada kemampuan  menulis  naskah drama.

Berdasarkan  alasan-alasan  tersebut,  penelitian  ini  bertujuan meningkatkan  proses dan hasil   menulis  naskah drama pada siswa  kelas VIII-F SMP Negeri  I Diwek  Jombang  dengan  menggunakan  media  video Opera Van Java.Video Opera Van Java  digemari   masyarakat  termasuk siswa-siswi  SMP. Opera Van Java memiliki  pesan didaktis  dan disajikan dalam  bentuk  komedi.  Video Opera Van Java dapat disaksikan masyarakat  melalui  salah  satu  stasiun  televisi  yang  ternama  karena  tidak ada unsur  pornografi   dan dalam  video Opera Van Java terdapat unsur-unsur  intrinsik  drama yang  dapat menjadi  sumber  inspirasi  dalam pembelajaran  menulis  naskah drama. Penggunaan  media  video Opera Van Java diharapkan  dapat menambah  minat,  semangat  dan motivasi  siswa dalam  belajar  siswa  tentang  menulis  naskah drama  sehingga  pembelajaran menulis  dapat dilaksanakan  sebagaimana  mestinya.   Manfaat  penelitian  ini adalah membantu  siswa  dalam mengatasi  kesulitan  pembelajaran khususnya  menulis  naskah  drama, memotivasi  siswa  untuk  belajar  dan melatih  siswa melakukan  menulis  secara efektif.

Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian  tindakan  kelas yang terdiri  atas dua siklus.  Tiap  siklus  terdiri  atas tahap perencanaan,  tindakan, observasi,  dan  refleksi.  Pengambilan  data dilakukan  dengan  observasi  dan penugasan.  Alat pengambilan  data yang  digunakan  berupa  lembar penugasan,  lembar  observasi,  dan  pedoman wawancara.  Analisis  data yang dilakukan  secara kuantitatif  dan kualitatif.

Media Opera Van Java dapat meningkatkan  proses pembelajaran, hal  ini  terlihat  dari  antusias  dan motivasi  siswa dalam  pembelajaran  siklus I dan siklus  II meningkat,  siswa  aktif  bertanya  dan menjawab  pertanyaan, iklim  kerjasama  yang  baik, keefisienan  waktu, dan kreativitas  serta imanjinasi  siswa berkembang  dengan  baik.

Media Opera Van Java dapat meningkatkan  hasil  menulis  kreatif naskah drama  siswa  kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek  Jombang.  Setelah diberi  tindakan  dengan  menggunakan  media  video Opera Van Java pada siklus  I, rata-rata kemampuan  siswa  dalam menulis  naskah drama mengalami  peningkatan.  Rerata  siswa  kelas VIII-F pada prasiklus  sebesar 65,5. Setelah  diberi  tindakan  mengalami  peningkatan  skor menjadi  72,2; dan pada siklus  II mengalami  peningkatan  kembali  hingga  mencapai  skor 85,2.

Kesimpulan  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  diantaranya  adalah kemampuan  menulis  naskah drama  siswa  kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek  Jombang  bisa ditingkatkan  dengan  media  video Opera Van Java, sehingga  KKM bisa  tercapai. Mengingat  manfaat  yang  dapat diperoleh siswa, maka disarankan  kepada guru  untuk  menggunakan  media  video Opera Van Java sebagai media  dalam  pembelajaran  menulis  kreatif naskah drama  karena dapat meningkatkan,  memotivasi  siswa  sehingga hasil  belajar  dapat tercapai  secara optimal.  Kepada peneliti  yang  akan datang  diharapkan  untuk meneliti  tentang  peningkatan  pembelajaran dengan  kompetensi  dasar  lainnya  dengan menggunakan  media  video Opera Van Java.