SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan tentang Perjalanan Siswa Kelas VIII MTsN Model Trenggalek

Elva Ni'matus Sholikah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholikah, Elva Ni'matus. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Tentang Perjalanan Siswa Kelas VIII MTs N Model Trenggalek. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (II) Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata Kunci: kesalahan berbahasa, karangan tentang perjalanan

 

Tulisan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi atau pesan. Pesan tidak akan sampai pada pembaca jika tulisan tersebut tidak mudah dipahami. Agar tulisan mudah dipahami, penulis harus menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Salah satu kompetensi menulis yang diajarkan di SMP adalah menulis karangan. Karangan tentang perjalanan merupakan tulisan yang berisi paparan hasil kunjungan selama perjalanan. Karangan tentang perjalanan dapat menjadi sumber referensi atau informasi bagi pembaca yang akan melakukan perjalanan. Untuk mengetahui kebenaran suatu karangan siswa dari aspek tata bahasa, perlu dilakukan analisis kesalahan berbahasa. Analisis kesalahan berbahasa merupakan suatu kegiatan pengkajian segala aspek penyimpangan berbahasa baik aspek ejaan, pilihan kata, dan penggunaan kalimat dalam suatu tulisan. Jika tata bahasa baik maka tulisan tersebut akan mudah dipahami oleh pembaca. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeksripsikan kesalahan penggunaan ejaan, pilihan kata, dan penggunaan kalimat dalam karangan tentang perjalanan siswa kelas VIII MTs N Model Trenggalek.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti dan alat bantu berupa panduan analisis data. Data penelitian ini berwujud data verbal yang berupa kesalahan berbahasa dalam karangan tentang perjalanan siswa. Sumber data penelitian ini yaitu karangan tentang perjalanan siswa kelas VIII MTs N Model Trenggalek yang berjumlah 60 teks. Kegiatan analisis data dimulai dengan pengumpulan data, identifikasi, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan temuan  data dilakukan dengan teknik pengecekan ahli dan pengecekan teori.

Berdasarkan analisis data pada karangan tentang perjalanan siswa kelas VIII MTs N Model Trenggalek diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, kesalahan penggunaan ejaan yang ditemukan yaitu kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda kutip, tanda pisah, tanda hubung, tanda seru, tanda tanya, tanda titik dua, tanda titik koma, huruf kapital, preposisi, partikel, kata turunan, kata ganti, kata asing, angka dan lambang bilangan, singkatan dan akronim. Kedua, kesalahan penggunaan pilihan kata ditemukan dalam dua aspek, yaitu kesalahan dari aspek leksikal dan gramatikal. Kesalahan dari aspek leksikal yang ditemukan yaitu penggunaan kata tidak baku dan penggunaan ragam bahasa lisan. Kesalahan dari aspek gramatikal yang ditemukan yaitu penggunaan kata berimbuhan yang tidak gramatikal dan penggunaan pilihan kata yang tidak tepat. Ketiga, kesalahan penggunaan kalimat yang ditemukan adalah kesalahan karena kalimat tidak lengkap, tidak tepat, tidak logis, tidak hemat, dan tidak jelas atau ambigu.

Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat  saran yang ditujukan kepada guru Bahasa Indonesia, siswa, dan peneliti lanjutan. Pertama, guru Bahasa Indonesia diharapkan lebih memperhatikan penulisan huruf kapital, tanda titik, tanda koma, dan penggunaan kata baku dalam karangan siswa. Selain itu, guru diharapkan memperbanyak kuantitas kosakata yang dimiliki siswa dengan memberikan banyak bacaan dengan topik baru. Kedua, siswa diharapkan lebih memperhatikan penggunaan huruf kapital, tanda baca terutama titik dan koma, serta penggunaan kalimat efektif dalam menulis. Selain itu siswa juga diharapkan memperkaya kosakata yang dimiliki dengan banyak mendengar, membaca, dan berdiskusi dengan orang lain. Ketiga, diharapkan dilakukan penelitian lanjutan sejenis dengan subjek penelitian siswa SMP dan jenis karangan lain agar siswa SMP terlatih dan terbiasa menulis dengan menggunakan ejaan, pilihan kata, serta kalimat yang baik.