SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kartu untuk Menulis Parikan Siswa SMP Kelas VII

Willyawan Anggri Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Widodo, Willyawan Anggri. 2013. Pengembangan Media Kartu untuk Pembelajaran Menulis Parikan Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd, (2) Karkono, S.S., M.A

 

Kata Kunci: media pembelajaran, pembelajaran menulis, parikan

 

Pembelajaran Bahasa Daerah, khususnya bahasa Jawa di sekolah, juga tidak hanya memberikan materi kepada siswa tetapi juga untuk melatih siswa supaya bisa menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi sehari-hari. Selain itu, pembelajaran Bahasa Daerah merupakan cara yang tepat untuk melestarikan budaya, khususnya budaya Jawa yang kini mulai ditinggalkan. Pembelajaran Bahasa Daerah di sekolah sangat sulit jika hanya diberikan melalui metode ceramah saja karena kurang dimengerti dan dipahami oleh siswa. Oleh sebab itu, perlu adanya media yang dapat membantu guru menyampaikan materi kepada siswa. Dengan bantuan media pembelajaran, siswa dapat belajar bahasa daerah dengan menyenangkan.

Penelitian bertujuan (1) menghasilkan media pembelajaran menulis parikan, (2) merumuskan cara penggunaan media, dan (3) menemukan kesulitan-kesulitan penggunaan media menulis parikan bagi siswa SMP kelas VII. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan adaptasi prosedur dan pengembangan media yang dikembangkan Sadiman (2010). Adaptasi prosedur yang dimaksud yakni, (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) mengembangkan materi pembelajaran, (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan atau evaluasi media, (5) menyusun naskah media, (6) memproduksi media, (7) menguji coba media, dan (8) merevisi media.

Uji coba produk dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali, yaitu (1) uji ahli materi, (2) uji ahli media pembelajaran, (3) uji praktisi, dan (4) uji lapangan atau uji siswa. Uji coba yang dilaksanakan empat kali ini menggunakan angket yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Dari angket yang digunakan dalam uji coba ini dihasilkan data. Data penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa saran dan komentar yang dituliskan dalam angket atau secara lisan. Data verbal ini dianalisis apa adanya. Data nonverbal yang berupa skor penilaian juga dianalisis. Kedua data digunakan sebagai pertimbangan revisi akhir produk.

Media pembelajaran menulis parikan ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar menulis parikan siswa SMP. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan menggunakan media ini dan siswa dapat menggunakan media ini secara mandiri di luar sekolah. Pengembangan media ini dapat dijadikan sumber informasi, sumber inspirasi, dan dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk pengembangan media lain untuk pembelajaran yang lain selain pembelajaran menulis parikan dalam pembelajaran Bahasa Daerah khususnya bahasa Jawa. Selanjutnya, produk pengembangan media ini dapat disebarluaskan melalui jurnal pendidikan dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah.