SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Latihan Membaca Cepat di SMP dengan Menggunakan Macromedia Flash

Nurul Qomariyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Qomariyah, Nurul. Pengembangan Bahan Latihan Membaca Cepat di SMP dengan Menggunakan Macromedia flash. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd, (II) Moch. Syahri, S.Sos., M.Si.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan latihan, membaca cepat, Macromedia Flash

 

Membaca cepat merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari oleh siswa SMP. Membaca cepat memiliki manfaat bagi siswa, yaitu siswa dapat memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Namun demikian, tidak semua siswa memiliki kecepatan membaca yang sesuai dengan tingkatannya. Hal tersebut dikarenakan terdapat hambatan-hambatan dalam membaca cepat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa keberadaan bahan latihan yang ada belum bisa melatih kecepatan membaca siswa. Sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran juga kurang dioptimalkan pemanfaatannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar membaca cepat.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar membaca cepat dengan menggunakan Macromedia Flash di SMP dan panduan penggunaan bahan ajar membaca cepat dengan menggunakan Macromedia Flash di SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Adaptasi model pengembangan tersebut meliputi (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba tahap awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional, dan (8) diseminasi dan implementasi produk. 

Uji coba produk dilakukan kepada (1) ahli membaca, (2) ahli media, (3) praktisi, dan (4) siswa. Uji coba produk bahan ajar menghasilkan data yang diperoleh dari angket. Data penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa komentar dan saran perbaikan, sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian. Data dianalisis dengan (1) mendiskripsikan wujud bahan ajar yang meliputi kelayakan dan kemenarikan produk dan (2) mendiskripsikan panduan penggunaan bahan ajar yang meliputi tampilan dan isi. Perbaikan bahan ajar dilakukan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli, praktisi, dan siswa.

Bahan ajar ini berbentuk multimedia yang dikemas dalam CD interaktif. Sistematika penyajian materi bahan ajar ini terbagi dalam tiga menu utama, yakni (1) judul, (2) petualangan membaca, dan (3) biodata pengembang. Menu petualangan membaca memuat tiga zona, yakni (1) Zona 1 Mengukur Kecepatan Membaca Awal, (2) Zona 2 Latihan Membaca, dan (3) Zona 3 Mengukur pemahaman terhadap bacaan. Zona 1 memuat materi tentang membaca cepat dan mengukur kecepatan membaca awal. Zona 2 memuat tiga jenis latihan yang dapat meningkatkan kecepatan membaca. Terdapat dua latihan untuk meningkatkan konsentrasi, lima latihan untuk mempercepat gerak mata, dan Sembilan latihan untuk memperluas jangkauan mata. Zona 3 memuat 3 teks bacaan untuk mengukur kecepatan membaca dan pemahamannya.

Bahan latihan ini memiliki keunggulan yang terletak pada pemanfaatan multimedia dalam penyampaian materi yang menimbulkan interaksi secara langsung antara siswa dan bahan latihan. Bahan latihan dapat digunakan untuk mengukur kecepatan membaca disertai dengan pemahaman isi bacaannya. Bahan latihan ini juga memberikan latihan-latihan untuk meningkatkan kecepatan membaca. Selain itu, Bahan latihan ini disajikan dengan menggunakan desain dan tampilan yang menarik untuk menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar. 

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca cepat dapat digunakan pada pembelajaran membaca cepat di SMP karena bahan tersebut sudah divalidasi dan diujicobakan. Terkait dengan hal tersebut, maka disarankan kepada guru sebelum menerapkan bahan ajar ini untuk memperhatkan fasilitas pendukung berupa komputer atau laptop dan pengeras suara yang ada di sekolah. Dalam penyebarannya, dapat dilakukan dengan penulisan artikel atau disebarluaskan melalui pihak penerbitan buku yang kemudian dapat dijual di berbagai toko buku. Disarankan pula pada peneliti selanjutnya agar mempelajari dan memanfaatkan produk ini sebagai pijakan untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih kreatif dan menarik.