SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komposisi Pengembangan Pola Logika Paragraf dalam Makalah Siswa Kelas IX SMPN 15 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Efendi Joko Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Efendi Joko. 2013. Komposisi Pengembangan Pola Logika Paragraf dalam Makalah Siswa Kelas IX  SMPN 15 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd, (II) Indra Suherjanto, S.Pd, M.Sn.

 

Kata kunci: pola logika, pola logika paragraf, makalah ilmiah sederhana, pengembangan pola logika, unsur pembangun, komposisi

 

Menulis merupakan kegiatan produktif, yakni menghasilkan suatu produk berupa tulisan. Pada setiap tulisan memiliki alur penyampaian gagasan yang  berbeda. Alur penyampaian gagasan itu biasa disebut sebagai pola logika. Secara umum, pola logika tersebut terbagi menjadi dua, deduktif dan induktif. Deduktif adalah metode penyampaian gagasan secara umum-khusus. Induktif adalah metode penyampaian gagasan secara khusus-umum. Adapun variasi pengembangan pola logika tersebut meliputi; silogisme, entimem, teknik induktif, deduksi-argumentasi, kausalitas, komparasi, klimak/antiklimak, clearing the ground (before/after) building, generalisasi/klasifikasi, dan ramalan.

Banyak penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang menggunakan karya tulis ilmiah sebagai objek penelitian. Namun, semua penelitian tersebut hanya mengulas tentang kualitas tulisan dan belum ada yang menelusuri tentang komposisi pengembangan pola logika yang terdapat dalam sebuah karya tulis ilmiah secara deskriptif dan objektif. Dengan demikian, penelitian ini bermaksud untuk mengungkap komposisi pengembangan pola logika siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang tampak dari paragraf dalam makalah ilmiah sederhana mereka secara objektif dan rinci.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena secara objektif. Sumber data dalam penelitian ini adalah makalah ilmiah sederhana hasil karya siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Data penilitian ini berupa paragraf dalam makalah ilmiah sederhana siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 tersebut. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti karena peneliti terlibat sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsiran data, sampai pada pelaporan hasil. Teknik analisis data meliputi beberapa tahap, yaitu (1) menyajikan data, (2) mengidentifikasi unsur-unsur pembangun pola logika yang terkandung di dalam setiap data, (3) merumuskan pola pengembangan logika paragraf berdasarkan hubungan unsur-unsur pembangun yang digunakan, dan (4) mengidentifikasi komposisi di dalam setiap unsur pembangun tersebut.

Berdasarkan analisis data, diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, unsur-unsur pembangun pola logika yang digunakan siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 meliputi, pendirian, data/dasar, pembenaran, sanggahan, dan penunjang. Kedua, komposisi pengembangan pola logika paragraf deduktif. Ketiga, komposisi pengembangan pola logika paragraf induktif.

Pola logika yang digunakan siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 terbagi atas dua macam, yaitu deduktif dan induktif. Pada pola deduktif, siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan variasi pengembangan deduksi-argumentasi, generalisasi dan klasifikasi, antiklimak, kausalitas, dan komparasi. Pada pola induktif, siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan variasi pengembangan teknik induktif, generalisasi dan klasifikasi, klimak, kausalitas, komparasi, clearing the ground before/after building, dan ramalan.

Masing-masing variasi pengembangan pola logika terdiri atas kombinasi penggunaan unsur pembangun yang berbeda-beda. Pada umumnya, siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 mengungkapkan gagasan secara logis. Hal itu dapat dilihat dari penggunaan unsur pendirian yang disertai data/dasar yang relevan.

Komposisi pengembangan pola logika yang digunakan siswa kelas IX SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2012/2013 bervariasi. Komposisi tersebut meliputi, opini, eksplanasi, fakta, asumsi, contoh, definisi, rincian spesifik, data statistik, ilustrasi, perbandingan, dan teori ahli. Jenis komposisi yang sering digunakan adalah fakta, opini, eksplanasi, dan rincian spesifik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Saran pertama ditujukan kepada guru bahasa Indonesia kelas IX SMP dan sederajat agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan bahan, metode, atau strategi pembelajaran tentang kegiatan menulis, khususnya menulis karya ilmiah sederhana. Saran kedua ditujukan kepada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan berpikir untuk mengembangkan strategi atau bahan ajar yang fokus pada teknik-teknik penulisan karya ilmiah sederhana bagi siswa SMP sederajat. Saran ketiga ditujukan kepada siswa agar lebih giat mengembangkan daya bernalar melalui kegiatan menulis makalah ilmiah sederhana.