SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kendala-kendala Menulis Aksara Jawa di SMP Negeri Malang

Santi Widiwarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiwarti, Santi. 2013. Kendala-kendala Menulis Aksara Jawa di SMP Negeri Malang. Skripsi, Prodi Pend. Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sunaryo HS, S.H., M. Hum., (II) Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum.

 

Kata kunci: kendala, Aksara Jawa, SMP Negeri Malang

 

Keterampilan menulis Aksara Jawa merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa SMP dalam pelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran menulis Aksara Jawa mengajak siswa untukberpikir konkret dan berkesinambungan. Konkret artinya pembelajaran menulis Aksara Jawa mengajarkan bentuk-bentuk Aksara Jawa, sedangkan berkesinambungan karena pengenalan bentuk Aksara Jawa diajarkan sejak dari dasar sampai bentuk huruf yang tersulit dalam penulisan teks Aksara Jawa. Sebagian besar siswa kesulitan pada saat menghafalkan aksara Jawa yang mirip dalam hal penulisan maupun pembacaan. Peneliti mengkaji kendala yang dialami siswa SMP dalam pembelajaran menulis Aksara Jawa terutama dalam hal penulisan carakan, sandhangan dan aksara murdha. Dengan demikian, penelitian ini berjudul “Kendala-kendala Menulis Aksara Jawa di SMP Negeri Malang”. Tujuan yang diharapkan lewat penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala-kendala yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis carakan, sandhangan dan aksara murdha

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan dari Guru dan Siswa mengenai kendala-kendala dalam pembelajaran menulis Aksara Jawa. Penelitian ini hanya memaparkan data yang diperoleh dan menggambarkannya dengan kata-kata dan kalimat. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan alat atau instrumen utama dalam pengumpulan data sehingga kehadirannya mutlak diperlukan. Peneliti menjadi perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsiran data, dan pelaporan hasil penelitian. Data yang dimaksud adalah data yang berkaitan dengan kemampuan siswa menulis Aksara Jawa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menuliskannya. Peneliti menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa kurang mampu dalam penulisan aksara Jawa. Siswa sering merasa kesulitan pada saat menghafalkan aksara Jawa yang mirip dalam hal penulisan maupun pembacaan. (2) siswa kesulitan dalam membedakan carakan yang mirip. (3) siswa kesulitan dalam membedakan sandhangan yang mirip dalam penulisan maupun bacaannya (4) siswa kesulitan pada saat penempatan dan penggunaan aksara murdha