SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRUKTUR KARANGAN NARASI BAHASA JAWA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JOMBANG

Eka Dyan Mardiningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiningsih, Eka Dyan. 2013. Struktur Karangan Narasi Bahasa Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd, (II) Dwi Sulistyorini, S.S, M.Hum.

 

Kata kunci: struktur karangan, karangan narasi, Bahasa Jawa.

 

Salah satu kemampuan menulis yang harus dicapai siswa jenjang SMP adalah menulis karangan narasi Bahasa Jawa. Menulis karangan narasi Bahasa Jawa terdapat dalam standar kompetensi kelas VII. Karangan narasi merupakan karangan yang sederhana sehingga siswa mudah untuk membuatnya. Sederhana dalam hal ini adalah narasi mengisahkan suatu kehidupan yang dinamis dalam suatu rangkaian waktu. Narasi juga mampu berusaha mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa tersebut. Selain itu, narasi berusaha menyampaikan sebuah makna kepada pembaca melalui daya khayal yang dimiliki oleh penulis. Karangan narasi mempunyai bagian-bagian yang secara fungsional berhubungan satu sama lain. Bagian-bagian itu disebut struktur. Struktur narasi dapat dilihat dari unsur-unsur yang membentuknya. Unsur tersebut adalah tema, alur, tokoh, latar, dan sudut pandang. Oleh karena itu, karangan narasi dapat dikaji atau ditelaah dari segi strukturnya, mengingat bahwa karangan narasi merupakan suatu karya karangan yang tersusun dari berbagai macam unsur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur karangan narasi bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa karangan narasi bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang. Data berupa unsur intrinsik dan penggunaan bahasa dalam karangan narasi Bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara dan telaah dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi, merekam, dan kodifikasi. Instrumen kunci penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu instrumen tambahan berupa tabel pengumpul data dan pedoman analisis data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, analisis, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, struktur karangan narasi bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang yang berupa unsur intrinsik. Unsur intrinsik tersebut terdiri dari tema, alur, tokoh, latar, dan sudut pandang. Tema yang muncul dalam karangan narasi bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang meliputi kegiatan wisata, kegiatan sekolah, pengalaman persahabatan, peristiwa menjengkelkan, kegiatan sehari-hari, kegiatan bersama keluarga, dan pengalaman menyenangkan. Alur yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang secara keseluruhan adalah alur maju yaitu awal berupa rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa, tengah berupa konfliks, dan akhir atau penyelesaian. Tokoh yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang dalam karangan narasi bahasa Jawanya adalah tokoh utama dan tokoh sampingan. Latar tempat yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang adalah tempat wisata, lingkungan sekolah, dan lingkungan sekitar rumah. Latar waktu yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang adalah mulai dari pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Latar suasana yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang adalah menyenangkan, menyedihkan, menjengkelkan, dan menegangkan. Sudut pandang yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang adalah siswa sebagai tokoh utama atau sering juga disebut sudut pandang orang pertama dengan pola narator-tokoh utama.

Kedua, penggunaan bahasa dalam struktur karangan narasi Bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang yang terdiri dari diksi dan struktur kalimat. Diksi yang muncul dalam karangan narasi bahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang adalah diksi Jombangan. Diksi Jombangan tersebut seperti diksi lanek, iso, ambek, sampek, tapi, lakok, enek, kenek, seng, wes, nek, ape atau kate, lek, mbari, gak, dan pas. Struktur kalimat yang dipilih oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jombang adalah K-S-P-K (K-J-W-K).

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Jawa hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan untuk perbaikan dan pengembangan pengajaran menulis karangan narasi bahasa Jawa di SMP. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan dapat meneliti karangan narasi Bahasa Jawa selain rumusan masalah yang disebutkan peneliti. Hal ini bertujuan untuk perbandingan dan pendalaman.