SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karangan Narasi Mahasiswa Tingkat Pemula Program Dharmasiswa Tahun 2012

Marintan Meidita Permatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatasari, Marintan Meidita. 2013. Karangan Narasi Mahasiswa Tingkat Pemula Program Dharmasiswa Tahun 2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dawud, M. Pd., (II) Dr. Widodo Hs., M.Pd.

 

Kata kunci: karangan narasi

  

Karangan narasi merupakan alat belajar mahasiswa asing sebagai cara mempelajari bahasa Indonesia. Karangan narasi mudah untuk diterapkan dan dipelajari oleh mahasiswa asing di berbagai tingkat pembelajar, terutama pembelajar pada tingkat pemula. Dengan menulis karangan narasi, mahasiswa asing dapat terlatih untuk menulis dengan bahasa Indonesia dan dapat mencari kosakata baru untuk memenuhi karangan yang dibuatnya. Kemampuan mahasiswa asing menerapkan kaidah bahasa Indonesia dalam bentuk tulisan juga bisa dinilai dari karangan narasi yang ditulisnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karangan narasi mahasiswa tingkat pemula Program Dharmasiswa tahun 2012. Ada 3 hal yang akan dijelaskan pada penelitian ini, yakni (1) penggunaan pilihan kata, (2) penggunaan kalimat, (3) penggunaan paragraf dalam karangan narasi Mahasiswa Tingkat Pemula Program Dharmasiswa 2012.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dari mahasiswa asing berupa data pilihan kata, kalimat, dan paragraf dalam karangan narasi mahasiswa asing tingkat pemula Program Dharmasiswa 2012. Sumber data yang diteliti pada penelitian ini adalah 5 mahasiswa asing tingkat pemula Program Dharmasiswa 2012 yang berasal dari Eropa dan Asia. Instrumen penelitian ini adalah tabel analisis. Tabel analisis data yang digunakan ada tiga, yakni (1) tabel analisis data diksi, (2) tabel analisis data kalimat, dan (3) tabel analisis data paragraf.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilihan kata yang digunakan dalam karangan narasi mahasiswa tingkat pemula Program Dharmasiswa 2012 ini yang terdiri atas kata umum, kata khusus, kata kongkret, kata abstrak, kata denotatif, kata konotatif, dan kata indria banyak yang diulang-ulang dalam karangan yang sama. Semua kalimat dalam karangan narasi mahasiswa asing ini hanya termasuk ke dalam jenis kalimat berita kepastian. Di sisi lain, paragraf dalam karangan narasi mahasiswa tingkat pemula Program Dharmasiswa 2012 sangat beragam dengan penerapannya pada beberapa pola pengembangan paragraf yakni paragraf utuh, paragraf lengkap, parangraf sempurna, paragraf mengungkap hal baru, dan paragraf padu.

Berdasarkan penelitian ini, pengajar Program Dharmasiswa hendaknya hendaknya lebih banyak menggunakan variasi kata yang beragam dalam latihan yang diberikan kepada mahasiswa asing tingkat pemula Program Dharmasiswa, agar lebih terlatih dalam penggunaan kaidah bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan diksi dalam karangan narasi mahasiswa asing yang terdiri atas kata umum, kata khusus, kata kongkret, kata abstrak, kata denotatif, kata konotatif, dan kata indria masih digunakan secara berulang-ulang. Selain itu, pengajar hendaknya lebih banyak memberikan latihan dalam berbagai ragam kalimat. Hal ini dikarenakan kalimat yang digunakan oleh mahasiswa asing hanya berupa kalimat berita kepastian saja. Latihan seperti itu berguna untuk melatih pembelajar asing untuk mengekspresikan ceritanya dalam bentuk kalimat yang lebih beragam. Dan pengajar hendaknya memberikan pengetahuan tentang ciri paragraf yang sesuai kaidah bahasa Indonesia, terutama berupa paragraf utuh, paragraf lengkap, parangraf sempurna, paragraf mengungkap hal baru, dan paragraf padu. Dengan demikian, mahasiswa asing lebih bisa mengembangkan paragrafnya lebih tepat.