SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Validitas Isi dan Konstruk Soal-Soal Ujian Nasional SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2011/2012

Hardika Fahruzzaman

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahruzzaman, Hardika. 2013. Validitas Isi dan Konstruk Soal-Soal Ujian Nasional SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd, (II) Drs. Dwi  Saksomo, M. Si.

 

Kata Kunci : validitas isi, validitas konstruk, UN Bahasa Indonesia SMP/MTs.

 

Ujian Nasional (UN) merupakan bagian dari bentuk evaluasi yang digunakan  oleh pemerintah sebagai salah satu tolak ukur untuk mengetahui mutu pendidikan di  Indonesia. Dengan terselenggaranya UN diharapkan dapat mempermudah  pengembangan pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan di seluruh  Indonesia akan tercermin melalui hasil UN yang didapatkan oleh peserta didik yang dibina.

Ujian Nasional (UN) banyak diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Berbagai persoalan yang berhubungan dengan ujian nasional muncul, misalnya distribusi soal yang tidak merata, keterlambatan distribusi, sampai bahan atau kertas untuk ujian yang dibawah standar kualitas. Selain membicarakan hal-hal teknis tersebut, ada baiknya membicarakan tentang instrumen UN tersebut yaitu butir soal yang diujikan.  Apakah soal yang diberikan kepada peserta UN sudah sesuai dengan kurikulum  ataukah justru masih ada yang kurang sesuai. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penelitian yang dilakukan untuk membahas tentang soal ujian nasional tersebut. Khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia yang selama ini dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana validitas isi butir soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP 2011/2012, dan (2) bagaimana validitas konstruk butir soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh naskah soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun Pelajaran yang digunakan oleh seluruh sekolah tingkat SMP dan sederajat di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah naskah Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Paket A18.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi.  Berdasarkan hasil analisis validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan kode soal A18 tergolong cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil hasil kesesuaian antara kurikulum dengan  soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012. Kesesuaian antara kurikulum dengan butir soal pada soal keterampilan membaca menunjukkan bahwa terdapat 65.2% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi, 17.4% soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 17.4% soal dengan tingkah kesesuaian rendah. Sementara itu, pada soal keterampilan menulismenunjukkan bahwa terdapat 48.2% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi, 40.7 % soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 11.1% soal dengan tingkah kesesuaian rendah.

Berdasarkan hasil analisis validitas konstruk butir tes pada soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012 menunjukkan kesesuaian soal dengan validitas konstruk soal mencapai 97,6 persen, sedangkan ketidaksesuaian soal dengan validitas konstruk mencapai 2,4 persen. Dengan demikian, soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012 dikategorikan tinggi ditinjau dari konstruksi penyusunan butir tesnya.