SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

ULINNUHA MADYANANDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Madyananda, Ulinnuha. 2013. Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sastra di SMP. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd., (2) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Kata kunci: nilai-nilai pendidikan novel Padang Bulan, pemanfaatan dalam pembelajaran sastra.

 

Penelitian kualitatif berjudul Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran sastra di SMP ini disusun karena banyaknya nilai pendidikan yang dapat dipelajari siswa dalam kegiatan pembelajaran bersastra, khususnya tentang novel. Nilai-nilai pendidikan tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan menyusun seperangkat pemodelan berupa RPP yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya siswa diharapkan dapat menemukan setiap nilai pendidikan yang ingin disampaikan penulis dalam karyanya.

Fokus penelitian ini menitikberatkan kajiannya pada nilai-nilai pendidikan apa sajakah yang ingin disampaikan Andrea Hirata dalam Novel Padang Bulan, serta bagaimana pemanfaatannya dalam pembelajaran sastra di SMP. Nilai-nilai pendidikan yang dimaksud adalah nilai pendidikan yang bersifat fundamental meliputi nilai sosial, nilai ilmiah, nilai moral, dan nilai agama. Berdasarkan fokus penelitian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data deskriptif mengenai nilai-nilai pendidikan apa sajakah yang ingin disampaikan Andrea Hirata dalam Novel Padang Bulan, serta untuk mendapatkan data deskriptif mengenai bagaimana pemanfaatannya dalam pembelajaran sastra di SMP.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan peneliti sebagai instrumen (human instrument). Data penelitian ini adalah (1) kata, kalimat, atau paragraf dengan paparan berupa monolog, dialog, atau narasi yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan dalam novel Padang Bulan, (2) hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia, dan (3) hasil observasi pembelajaran terhadap siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Malang berjumlah 26 siswa yang berasal dari kelas unggulan. Sedangkan analisis data dilakukan secara induktif.

Nilai-nilai pendidikan dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dapat digolongkan menjadi empat kategori, yaitu nilai sosial, nilai ilmiah, nilai moral, dan nilai agama. Setiap nilai-nilai pendidikan tersebut dapat dirinci lagi menjadi sub-sub nilai seperti (1) nilai sosial meliputi segala sesuatu yang berkenaan dengan proses interaksi manusia dalam kehidupan sosial. Nilai-nilai tersebut seperti, saling membantu, menghormati, dan menyayangi satu sama lain, (2) nilai ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat ilmu dan dapat diuji ketetapannya secara ilmu, (3) nilai moral, terdiri dari dua klasifikasi besar, yaitu 1) hubungan manusia dengan diri sendiri, yaitu nilai yang bersifat melibat ke dalam diri dan kejiwaan seorang individu. Nilai moral yang termasuk kategori ini meliputi harga diri, rasa percaya diri, rindu, dan ketakutan, 2) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkungan alam, yaitu segala sifat yang melibatkan seluruh interaksi antar manusia. Nilai moral yang termasuk dalam kategori ini meliputi hubungan suami istri, dan hubungan antar anak-orang tua, dan (4) nilai agama yang merupakan sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungan alam. Nilai agama yang masuk dalam kategori ini terdiri atas perasaan dosa, dan kebesaran tuhan.

Sajian hasil analisis dan pembahasan tentang nilai-nilai pendidikan dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata, dan pemanfaatannya dalam pembelajaran sastra di SMP dapat disimpulankan bahwa pemanfaatan nilai-nilai pendidikan tersebut tepat untuk diajarkan dalam pembelajaran sastra di SMP kelas VIII pada aspek mendengarkan SK 13 Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan), pada KD 13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan. Juga tepat digunakan dalam pembelajaran berbicara kelas VIII pada SK 14 Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi, pada KD 14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) dan 14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan).

Penelitian ini memiliki kebermanfaatan seperti berikut (1) kepada pendidik dan tenaga kependidikan seperti guru bahasa Indonesia di SMP agar menggunakan novel Padang Bulan karya Andrea Hirata sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran bersastra, (2) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam pembelajaran kesastraan dan tentang kajian kesastraan untuk menunjang proses belajar di sekolah maupun di kampus, (3) novel ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bacaan dan koleksi yang wajib dimiliki. Karena ceritanya sangat menarik dan megandung unsur nilai yang baik untuk diteladani, dan (4) hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi para peneliti yang berminat meneliti sastra, khususnya novel dan peneliti yang memfokuskan kajiannya pada pemodelan pembelajaran dengan menggunakan novel sebagai sumber belajar bagi siswa.