SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN STRATEGI FANTASI K-POP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Yunita PUSPASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspasari, Yunita. 2013. Pengembangan Strategi Fantasi K-POP dalam Pembelajaran Menulis Puisi untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd, (II) Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn.

 

Kata Kunci: pengembangan strategi, Fantasi K-POP, menulis puisi.

 

Pembelajaran menulis puisi di sekolah menengah pertama sangat penting dilakukan. Alasannya, karena sekolah menengah pertama merupakan tahap berkesinambungan untuk mengembangkan keterampilan menulis puisi yang telah dipelajari di sekolah dasar. Pada kenyataan yang terjadi di lapangan, pembelajaran menulis puisi di sekolah menengah pertama menemui banyak kesulitan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru saat studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan penggunaan metafor dan mengkonkretkan kata. Selain itu, minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi juga sangat minim, sehingga siswa juga mengalami kesulitan dalam menciptakan puisi yang berkualitas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian dilakukan dengan mengembangkan buku panduan Strategi Fantasi K-POP dalam pembelajaran menulis puisi. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat membantu guru untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran menulis puisi.

Tujuan dilakukannya penelitian ini, yaitu (1) menghasilkan deskripsi konsep strategi Fantasi K-POP dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa SMP kelas VII, (2) menghasilkan deskripsi langkah-langkah strategi Fantasi K-POP dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa SMP kelas VII, dan (3) menghasilkan deskripsi contoh-contoh implementasi strategi Fantasi K-POP dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa SMP kelas VII. Upaya dalam mencapai tujuan tersebut, maka digunakan rancangan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Adaptasi model pengembangan tersebut meliputi, (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji kelayakan, (5) revisi, (6) uji lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir, dan (8) diseminasi dan implementasi. Uji kelayakan dilakukan kepada ahli strategi pembelajaran, ahli pembelajaran puisi dan praktisi. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan, diperoleh hasil rata-rata nilai keseluruhan buku panduan strategi Fantasi K-POP mencapai 67.6% pada ahli strategi pembelajaran, 98% pada ahli pembelajaran puisi, dan 97.5% pada ahli praktisi. Nilai keseluruhan produk dari hasil semua uji kelayakan mencapai 87.7% yang berarti produk layak dan dapat diimplementasikan.

Revisi yang dilakukan didasarkan pada komentar dan saran yang diberikan saat uji kelayakan. Deskripsi konsep strategi, revisi dilakukan pada aspek konsep dasar yang meliputi, (1) menghapus bab pertama yaitu bab pendahuluan, (2) subbab pengertian strategi pada bab ketiga dipindah ke dalam bab pertama dengan bab konsep dasar strategi Fantasi K-POP dan menulis puisi, dan (3) bab pertama ditambahkan dengan subbab landasan operasional dan proses kreatif menulis puisi dengan strategi Fantasi K-POP. Aspek penyajian materi, revisi yang dilakukan meliputi, (1) bab kedua menulis puisi yang mencakup seluruh teori puisi dihapus dan diganti dengan bab penerapan strategi Fantasi K-POP dalam pembelajaran menulis puisi, dan (2) materi menulis puisi dipaparkan dalam lampiran materi dengan poin-poin: unsur pembangun puisi (tema, diksi, rima, dan citraan), langkah-langkah menulis puisi dan contoh menulis puisi. Pada deskripsi langkah-langkah strategi Fantasi K-POP, revisi yang dilakukan meliputi, (1) langkah-langkah di dalam tahap Fantasi Kata disajikan dalam uraian poin-poin yang lebih praktis, (2) langkah-langkah pada tahap Fantasi Kata ditambahkan dengan pengerjaan LKS secara berkelompok, dan (3) langkah-langkah pada tahap Fantasi Pengembara dalam LKS, ditambahkan perintah untuk mendata kata yang berhubungan dan kata yang menggambarkan suasana peristiwa.

Uji lapangan dilakukan pada kelompok terbatas, yaitu siswa kelas VII-3 SMP Negeri 21 Malang. Hasil yang diperoleh pada tahap Fantasi kata, Fantasi Pengembara, Fantasi Olah Makna dan Fantasi Performansi, adalah (1) siswa telah mampu mengembangkan ke dalam tema yang menarik dan imajinatif, (2) siswa telah mampu menghasilkan puisi dengan penataan rima yang sesuai, (3) siswa telah mampu menghasilkan puisi dengan diksi yang bervariasi, termasuk penggunaan kata konotatif maupun kata-kata konkret, (4) siswa telah mampu menghasilkan puisi dengan penggunaan citraan yang menarik, dan (5) siswa telah mampu menghasilkan puisi dengan penggunaan tipografi dan enjambemen.

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa buku panduan strategi Fantasi K-POP dapat diimplementasikan pada pembelajaran menulis puisi khususnya siswa kelas VII. Terkait dengan hal tersebut, maka disarankan kepada guru sebagai subjek pengguna buku panduan agar dapat menerapkan strategi Fantasi K-POP dengan cara kreatif dan inovatif, seperti penggunaan media pendukung yang kreatif atau pemanfaatan lingkungan yang ada. Dalam penyebarannya, dapat dilakukan dengan penulisan artikel atau disebarluaskan melalui pihak penerbitan buku yang kemudian dapat dijual di berbagai toko buku. Disarankan pula pada peneliti selanjutnya agar mempelajari dan memanfaatkan produk ini sebagai pijakan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif.