SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Pribadi Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung

Sandy Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Sandy. 2013. Kualitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Pribadi Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryo HS, S.H, M.Hum, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci: kualitas penggunaan bahasa, surat pribadi

 

Surat merupakan sarana komunikasi tulis yang penting untuk dikuasai. Dengan menulis surat, seseorang dapat menuangkan gagasan, perasaan, pesan, atau informasi kepada orang lain. Salah satu bentuk keterampilan bahasa tulis adalah menulis surat pribadi. Ketika menulis surat pribadi, siswa perlu memerhatikan penggunaan bahasanya agar gagasan, perasaan, pesan, atau informasi dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengetahui kualitas penggunaan bahasa surat siswa, dilakukan analisis kualitas penggunaan bahasa Indonesia dalam surat pribadi siswa kelas VII SMP pada aspek pemaragrafan berdasarkan posisi dan fungsinya, keefektifan kalimat, pemilihan dan pembentukan kata, dan penggunaan ejaan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti, sedangkan alat bantu yang digunakan berupa lembar petunjuk pengerjaan menulis surat pribadi dan panduan analisis data. Data penelitian ini berupa teks surat pribadi tulisan siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung.

Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan penugasan menulis surat pribadi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengolahan data, pengidentifikasian data, pengodean data, penyajian data, dan akhirnya penyimpulan data.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat hasil penelitian. Pertama, pemaragrafan berdasarkan posisi dan fungsinya dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi (1) pemaragrafan pembuka yang tepat sebanyak 32 paragraf (62,7%), pemaragrafan pembuka yang kurang tepat sebanyak 19 paragraf (37,3%), dan pemaragrafan pembuka yang tidak tepat sebanyak 0 paragraf (0%), (2) pemaragrafan isi yang tepat sebanyak 42 paragraf (80,8%), pemaragrafan isi yang kurang tepat sebanyak 3 paragraf (5,8%), dan pemaragrafan isi yang tidak tepat sebanyak 7 paragraf (13,4%), dan (3) pemaragrafan penutup yang tepat sebanyak 34 paragraf (66,6%), pemaragrafan penutup yang kurang tepat sebanyak 16 paragraf (31,4%), dan pemaragrafan penutup yang tidak tepat sebanyak 1 paragraf (2%). Kedua, keefektifan kalimat dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi kalimat yang efektif sebanyak 370 kalimat (74,3%) dan kalimat yang tidak efektif sebanyak 128 kalimat (25,7%). Ketiga, pemilihan dan pembentukan kata dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi (1) pemilihan kata yang tepat sebanyak 5022 kata (96,7%) dan pemilihan kata yang tidak tepat sebanyak 167 kata (3,3%) dan (2) pembentukan kata yang tepat sebanyak 643 kata (95,1%) dan pembentukan kata yang tidak tepat sebanyak 33 kata (4,9%). Keempat, penggunaan ejaan dalam surat pribadi siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Tulungagung meliputi penggunaan ejaan yang tepat sebanyak 2040 ejaan (80,2%) dan penggunaan ejaan yang tidak tepat sebanyak 222 ejaan (9,8%).

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, guru Bahasa Indonesia disarankan untuk memberikan banyak latihan dan contoh terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia, khususnya pada aspek keefektifan kalimat, pemilihan dan pembentukan kata, dan penggunaan ejaan. Kedua, peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian sejenis, khususnya terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia. Ketiga, siswa disarankan untuk meningkatkan belajar, khususnya terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Prasetyo, Sandy. 2013. The Quality of Using Indonesian Language in Personal Letter of Seventh Graders of SMPN 1 NgantruTulungagung. Thesis, Department of Indonesian Literature, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Sunaryo HS, S.H, M.Hum, (II) Drs. DwiSaksomo, M.Si.

 

Key Terms: the quality of using language, personal letter

 

Letter is one of the written communication tools which is important to be learned. By writing a letter, someone can express ideas, feelings, messages, or information to other people. When the students writing a letter, they have to be aware of the language used so that the ideas, feelings, messages, or information are delivered as expected. Therefore, the quality analysis is conducted to determine the quality of language used in seventh graders’ personal letter in terms of the paragraphing based on the position and function, the effectiveness of the sentences, the selection and formation of words, and the spellings.

This research employs qualitative approach and belongs to descriptive research. The main instrument of this research is the researcher, and the supporting instruments are guideline of how to write a personal letter and data analysis. The data of the research is in the form of personal letters written by the seventh graders of SMPN 1 NgantruTulungagung. The data collection is done by assigning the students to write a personal letter. The steps for the data analysis are processing the data, identifying the data, coding the data, presenting the data, and drawing conclusion of the data.

Based on the data analysis, there are four research findings. First, paragraphing based on the position and function in the personal letters of seventh graders of SMPN 1 NgantruTulungagung, includes (1) correct opening of the paragraphs were 32 paragraphs (62.7%), less correct opening of the paragraph were 19 paragraphs (37.3%), and incorrect opening of the paragraph was 0 paragraph (0%), (2) correct content of the paragraphs were 42 paragraphs (80.8%), less correct content of the paragraphs were 3 paragraphs (5.8%), and incorrect content of the paragraphs were 7 paragraphs (13.4%), and (3) correct closing of the paragraphs were 34 paragraphs (66.6%), less correct closing of the paragraphs were 16 paragraphs (31.4%), and incorrect closing of the paragraph was 1 paragraph (2%). Second, effectiveness of the sentences in the personal letters of seventh graders of SMPN 1 NgantruTulungagung, presents, effective sentences were 370 sentences (74.3%) and ineffective sentences were 1128 sentences (25.7%). Third, selection and formation of the words in the personal letters of seventh graders of SMPN 1 NgantruTulungagung, presents, (1) correct words selection were 5022 words (96.7%) and incorrect words selection were 167 words (3.3%), and (2) correct words formation were 643 words (95.1%) and incorrect words formation were 33 words (4.9%). Fourth, the spelling used in the personal letters of the seventh graders of SMPN 1 NgantruTulungagung, shows, correct spellings were 2040 spellings (80.2%) and incorrect spellings were 222 spellings (9.8%).

Based on the research findings, there are three recommended suggestions. First, Indonesian literature teacher should give more practices and examples of how to use language, especially on the effectiveness of the sentences aspect. Second, it is suggested for the future researcher to conduct similar research, specifically related to the language used. Third, the students are expected to improve their ability, especially on the correct use of the language.