SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BAHASA DALAM TEKS BERITA KARYA MAHASISWA PAKET KEAHLIAN JURNALISTIK ANGKATAN 2006—2009 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Septi Kartika Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Septi Kartika. 2013. Analisis Bahasa dalam Teks Berita Karya Mahasiswa Paket Keahlian Jurnalistik Angkatan 2006—2009 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd, (II) Moch. Syahri, S.Sos., M.Si

 

Kata Kunci: bahasa jurnalistik, analisis bahasa

 

Bahasa jurnalistik memiliki kaidah-kaidah tersendiri yang membedakan dengan ragam bahasa lain. Berhubungan dengan hal itu, bahasa jurnalistik memiliki karakter yang berbeda berdasarkan jenis tulisan yang akan diberitakan, misalnya bahasa jurnalistik yang digunakan untuk menuliskan reportase investigasi lebih cermat bila dibandingkan dengan bahasa yang digunakan dalam penulisan features.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan kalimat efektif dalam penulisan teks berita mahasiswa paket keahlian jurnalistik angkatan 2006—2009 dan penerapan kaidah EYD dalam penulisan teks berita. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa kata-kata yang membentuk tulisan berita mahasiswa. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan instrumen pendukung yang berupa tabel pengumpul data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data, mengadakan reduksi data, dan menyusun data dalam satuan-satuan tertentu dalam hal ini peneliti membuat koding.

Hasil penelitian menenunjukkan bahwa dalam penulisan berita oleh mahasiswa paket keahlian jurnalistik secara umum sudah menggunakan kalimat efektif yang meliputi kesepadanan, keparalelan, kelogisan, kevariasian, dan kehematan. Meskipun demikian, pada teks berita karya mahasiswa paket keahlian jurnalistik angkatan 2008 masih terdapat kesalahan penggunaan kalimat kesepadanan dan keparalelan. Selain itu, pada teks berita karya mahasiswa paket keahlian jurnalistik angkatan 2006—2009 terdapat kesalahan dalam penulisan kehematan kalimat efektif pada aspek penulisan hiponim.

Hasil penelitian pada penerapan kaidah EYD menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa paket keahlian jurnalistik sudah menerapkan kaidah EYD seperti penulisan huruf kapital, penulisan huruf miring, penulisan singkatan, dan penulisan angka. Akan tetapi, pada teks berita karya mahasiswa paket keahlian jurnalistik angkatan 2006 dan 2008 terdapat kesalahan penulisan huruf kapital pada aspek jabatan tidak diikuti nama orang. Selain itu, juga banyak ditemukan kesalahan pada penulisan angka pada teks berita karya mahasiswa paket keahlian jurnalistik angkatan 2007—2009. Hanya pada teks berita karya mahasiswa angkatan 2006 saja yang benar dalam penulisan angka.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa saran yang dapat disampaikan, yaitu (1) para dosen mata kuliah menulis berita untuk lebih memperhatikan mahasiswa dalam kegiatan menulis berita, khususnya pada aspek kalimat jurnalistik dan penerapan EYD, (2) bagi mahasiswa, penelitian ini dapat dijadikan gambaran ke depan untuk bahan pertimbangan dan referensi dalam penulisan berita, (3) bagi peneliti selanjutnya, perlu diadakan penelitian sejenis mengenai karakteristik kalimat jurnalistik serta pemilihan diksi dalam teks berita untuk memperoleh karakteristik penulisan berita yang menarik.