SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Literasi Akademik Siswa di Sekolah

Ganang Probo Kusumo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumo, Ganang Probo. 2013. Pengembangan Literasi Akademik Siswa di Sekolah. Skripsi, Bahasa, dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M.Pd; (2) Drs. Dwi Saksomo, M.Si

 

Kata Kunci: literasi, literasi akademik

 

Literasi adalah kemampuan kolaboratif/sinergis berbahasa dan berpikir dengan inti kegiatan membaca-berpikir-menulis yang dilakukan oleh seseorang (siswa) dalam rangka memanfaatkan secara optimal berbagai sumber baik yang tercetak maupun yang tidak tercetak untuk berbagai keperluan. Literasi akademik siswa di sekolah adalah proses mengembangkan budaya literasi di sekolah, artinya pengembangan kesadaran, motivasi, keterampilan, kegemaran berliterasi yang tinggi dari siswa di sekolah untuk keperluan akademik maupun non-akademik. Literasi akademik adalah pemanfaatan dari sinergi kemampuan membaca, berpikir-kritis, menulis yang diterapkan secara lintas bidang studi.

Konteks mendasari sebuah penelitian itu dilakukan, apabila konteks itu dikaitkan dengan penelitian. Konteks pada penelitian pengembangan literasi akademik siswa di sekolah ini adalah sekolah sebagai lingkungan akademis formal berfungsi mengembangkan perilaku berliterasi siswa, karena di sekolah siswa banyak mengaplikasikan kemampuan dan keterampilannya terutama keterampilan membaca, berpikir, menulis yang menjadi landasan dari literasi akademik itu sendiri.

Literasi akademik siswa disekolah bertujuan untuk membantu siswa dalam  proses akademik. Literasi akademik ini memiliki tujuan untuk membantu siswa dalam memahami dan mendalami setiap substansi materi beragam mata-pelajaran yang diterimanya di sekolah secara lintas bidang studi, sehingga pemahaman siswa lebih komprehensif dan tidak terbatas sektoral.

Ada beragam cara dan strategi yang dapat ditempuh pada pengembangan  literasi akademik siswa di sekolah. Pada pengembangan literasi akademik siswa di sekolah ini strategi yang ditempuh diantaranya adalah menerapkan kelas literasi yang terstruktur didampingi oleh tim terlatih, aktivitas story book reading dan yang paling utama yaitu pembelajaran membaca-menulis secara lintas kurikulum.

Secara umum perangkat dalam pembelajaran di sekolah terdiri dari silabus, RPP, evaluasi dan asesmen. Setelah itu, didukung dengan komponen-komponen pendukung lainnya, Pada pengembangan literasi akademik siswa di sekolah ini, perangkat yang diperlukan diantaranya adalah menulis,wacana lisan-wacana tulis, dan asesmen. Karena perangkat diperlukan dalam pengembangan literasi akademik siswa di sekolah. Sebagai sarana yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar di lingkungan akademik sekolah.