SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Strategi OTTL(Observasi, Tanya, Tulis, dan Laporkan) Siswa Kelas VIII SMPN 16 Malang

Lina Agustina

Abstrak


Menulis teks berita merupakan salah satu kompetensi berbahasa dan bersastra kurikulum 2006 kelas VIII SMP mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dari pembelajaran tersebut, siswa diharapkan mampu menulis berita secara singkat, padat, dan jelas. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada studi pendahuluan, siswa mengalami kesulitan saat ditugasi oleh guru untuk menulis teks berita.

            Permasalahan yang dihadapi siswa tersebut disebabkan kurang maksimalnya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru selama ini, sehingga hasil yang dicapai oleh siswa juga kurang maksimal. Strategi OTTL merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks berita. Strategi OTTL ini merupakan suatu strategi yang di dalamnya menggambarkan proses dalam mendapatkan berita mulai pengamatan mengenai objek berita sampai dengan menghasilkan sebuah berita yang berupa teks berita. Kegiatan tersebut mulai dari (1) ) O, adalah observasi (2) T, adalah tanya, (3) T, adalah tulis dan (4) L, adalah laporkan.

            Penelitian ini mempunyai dua tujuan, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita dan melihat pengaruh penggunaan strategi OTTL terhadap kinerja pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 16 Malang, sedangkan tujuan khususnya adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada tahap pramenulis, meliputi kegiatan  mengamati dan memilih peristiwa yang akan dijadikan topik berita, serta membuat pertanyaan mengenai rincian bahan berita yang dipilih, (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada tahap menulis, meliputi kegiatan menyusun teks berita dan  merevisi, serta menyusun teks berita hasil karya siswa, dan (3) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada tahap pascamenulis melalui kegiatan melaporkan teks berita di depan kelas.

            Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan tindakan, (3) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 16 Malang. Data penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Sumber data penelitian ini adalah berasal dari siswa, guru, dan peristiwa pembelajaran keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan strategi OTTL siswa kelas VIIIA SMPN 16 Malang yang dilaksanakan pada tanggal 12 Mei sampai dengan 28 Mei 2007. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti dengan dibantu oleh kolaborator, sedangkan instrumen penunjang berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan pedoman penilaian keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan strategi OTTL. Untuk menjaga kesahihan data dilakukan pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat.

            Strategi OTTL meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks berita baik proses maupun hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, strategi OTTL dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 16 Malang. Oleh karena itu, disarankan kepada(1) siswa supaya lebih aktif dan kreatif selama mengikuti pembelajaran, supaya hasil yang diperoleh bisa maksimal (2) guru bahasa Indonesia yang mempunyai permasalahan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita untuk menerapkan strategi OTTL dalam pembelajaran menulis teks berita (3) sekolah, disarankan untuk lebih memberikan kebebasan bagi guru dalam menentukan strategi belajar yang efisien dalam kegiatan pembelajaran, seperti halnya penggunaan strategi OTTL dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks berita, dan (4) peneliti selanjutnya untuk menggunakan strategi OTTL untuk pembelajaran keterampilan berbahasa yang lain, seperti membaca, mendengarkan, dan berbicara.


Teks Penuh: DOC