SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERTOLAK DARI PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 18 MALANG

Ayunda Riska Puspita

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspita, Ayunda Riska. 2013. Keefektifan Penggunaan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Bertolak dari Peristiwa yang Pernah Dialami Siswa Kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Heri Suwignyo, M. Pd. (II) Karkono S. S., M. A.

 

Kata kunci: teknik mind mapping, pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman

 

Menulis cerpen merupakan salah satu keterampilan bersastra yang wajib diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini terbukti dengan adanya keterampilan dasar menulis cerpen pada kelas IX. Pembelajaran menulis harus ditingkatkan karena menulis adalah keterampilan yang produktif dan ekspresif. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran menulis di sekolah adalah dengan perbaikan proses pembelajaran menulis. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan teknik pembelajaran mind mapping untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian sebelumnya tentang mind mapping merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK ) dan hasilnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan teknik mind mapping, tulisan menjadi lebih beremosi, lebih berwarna, dan lebih berirama.

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan keefektifan penggunaan teknik mind mapping dalam pembelajaran menulis cerita berdasarkan peristiwa yang pernah dialami. Keefektifan penggunaan teknik mind mapping dalam pembelajaran menulis cerpen tersebut ditentukan oleh empat aspek yaitu (1) kesesuaian tokoh dan penokohan dalam cerpen dengan karakter penulis sendiri, (2) kesesuaian latar dan pelataran pada cerpen dengan latar dan pelataran pada peristiwa yang sebenarnya, (3) kesuaian alur dan pengaluran dengan peristiwa yang sebenarnya, dan (4) kesesuaian pesan pada cerpen dengan pesan pada peristiwa yang sebenarnya.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen pada kelas IX di SMP Negeri 18 Malang. Nilai hasil menulis cerpen pada kedua kelas tersebut digunakan untuk mendeskripsikan perbandingan penggunaan teknik mind mapping dengan teknik pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas menulis cerpen dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan pedoman penskorannya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil tes yang diperoleh pada saat prates dan pascates. Data dalam penelitian ini berupa nilai penggambaran tokoh dan penokohan, latar dan pelataran, alur dan pengaluran, serta menyampaikan pesan dalam cerpen yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah dialami.

Analisis data dihitung menggunakan uji-t. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat. Data pada penelitian ini dinyatakan normal dan homogen sehingga uji-t dapat dilanjutkan. Pengujian hipotesis diterima apabila thitung  > ttabel dan ditolak apabila thitung  ≤ ttabel dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,995. Dari hasil penelitian yang dilakukan terbukti bahwa, pertama, nilai thitung kemampuan menggambarkan tokoh dan penokohan kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2,569 lebih besar dari ttabel yaitu 1,995. Kedua thitung kemampuan menggambarkan latar dan pelataran kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2,115 lebih besar dari ttabel yaitu 1,995. Ketiga, nilai thitung kemampuan mengembangkan alur dan pengaluran kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2,574 lebih besar dari ttabel yaitu 1,995. Keempat, nilai thitung kemampuan menyampaikan pesan kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2,133 lebih besar dari ttabel yaitu 1,995.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran mind mapping efektif digunakan untuk pembelajaran menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang pada aspek menggambarakan tokoh dan penokohan, latar dan pelataran, alur dan pengaluran, serta menyampaikan pesan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya guru SMP Negeri 18 Malang adalah guru dapat menggunakan teknik pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas IX untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian terkait dengan penggunaan teknik mind mapping. Peneliti lain dapat menerapkan teknik pembelajaran mind mapping dalam kompetensi dasar yang tidak sama atau jenis penelitian lain.