SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Aspek Kebahasaan dalam Surat Pribadi Siswa Kelas 1 SMP Negeri 4 Sumenep Tahun Ajaran 2005-2006

Yuli Wulandari

Abstrak


Manusia tidak dapat melepaskan diri dari kegiatan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang dapat digunakan untuk mengekspresikan pikiran, gagasan, dan perasaan, kepada sesama manusia. Dalam kegiatan berkomunikasi, manusia dapat menyampaikan ide, gagasan, dan perasaannya secara lisan atau tulis. Penyampaian ide secara lisan dapat menggunakan media berupa telepon atau berdialog langsung dengan orang yang bersangkutan, sedang bentuk penyampaian ide secara tulis dapat menggunakan media surat dan layanan pesan singkat atau Short Messege Service (SMS).

            Keterampilan menyampaikan ide secara tertulis melalui surat merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan dalam matapelajaran bahasa Indonesia di SMP. Fokus pembelajaran adalah belajar berkomunikasi untuk berbagai tujuan. Agar komunikasi melalui surat dapat berjalan lancar, dibutuhkan kemampuan penguasaan diksi, penguasaan kalimat, dan penyusunan pola pengembangan paragraf yang baik. Kemampuan tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui proses belajar dan ketekunan berlatih.

            Mengingat pentingnya kemampuan mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan secara tertulis melalui surat, maka pembelajaran menulis harus lebih ditingkatkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menitikberatkan pada tiga masalah, yaitu (1) penggunaan diksi, (2) penggunaan kalimat berdasarkan fungsi, dan (3) penggunaan pola pengembangan paragraf, dalam surat pribadi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan diksi, kalimat, dan pola pengembangan paragraf dalam surat pribadi siswa kelas 1 SMP Negeri 4 Sumenep tahun ajaran 2005-2006.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini berupaya untuk mendapatkan gambaran objektif tentang penggunaan diksi, kalimat, dan pola pengembangan paragraf dalam surat pribadi siswa. Data yang digunakan untuk menjawab semua permasalahan dalam penelitian ini berupa diksi, kalimat, dan paragraf yang ditulis siswa kelas 1 SMP Negeri 4 Sumenep tahun ajaran 2005-2006. Sumber data penelitian ini adalah surat pribadi yang ditulis oleh subjek penelitian yaitu siswa kelas 1B SMP Negeri 4 Sumenep tahun ajaran 2005-2006 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tugas menulis surat dengan peneliti sebagai instrumen utamanya. Teknik analisis data menggunakan empat tahapan yaitu seleksi data, pengkodean, pengklasifikasian, dan penguraian.

            Berdasarkan hasil analisis data, ada tiga kesimpulan yang diperoleh, yaitu (1) Diksi yang digunakan dalam surat pribadi siswa meliputi diksi umum, diksi khusus, diksi

Teks Penuh: DOC