SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kartu Berganbar untuk Pembelajaran Menulis Cerpen

Lamda alif

Abstrak


ABSTRAK

Alif, Lamda. Pengembangan Media Kartu Bergambar untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mudjianto, M.Pd, (II) Dr Ida Lestari, M. Pd

 

Kata Kunci: pengembangan media, menulis cerpen, kartu bergambar.

Kegiatan menulis melatih siswa untuk berkomunikasi melalui bahasa tulis. Kegiatan menulis juga dapat mendorong siswa untuk menuangkan ide-ide atau gagasan baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Menulis cerpen merupakan salah satu bentuk kompetensi yang harus dimiliki siswa. Seseorang dapat mengekspresikan gagasan kreatif yang dimilkinya, melalui kegiatan menulis kreatif. Pada umunya siswa merasa kesulitan pada penentuan ide kreatif, padahal ide pokok dalam cerpen merupakan awal untuk memulai sebuah tulisan.

Media bergambar berguna sebagai umpan untuk memancing daya kretifitas siswa dalam penentuan tema sebuah cerpen yang akan dibuat. Media bergambar dibuat lebih menarik dan lebih mudah untuk dicermati siswa. Penentuan tema pada media ini juga berdasarkan kegiatan yang sering dijumpai oleh siswa SMP kelas VII. Penelitian ini juga dilatarbelakangi adanya strategi belajar yang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dan kreatif secara terkontrol, dengan cara mengubah metode pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented) menjadi beerpusat pada siswa (student oriented).

Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang dilakukan secara umum bertujan ntuk mengembangkan produk. Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, penelitian   pengembangan lebih banyak berfokus pada desain, model, bahan ajar, media, dan strategi. Pada tahap pengembangan, skenario media belajar yang dikembangkan akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun media ini.dalam pengembangan media ini, melewati serangkaian proses yaitu sebagai berikut: (1) melakukan penataan isi an struktur isi media belajardengan cara menentukan alur media belajar menulis cerpenmenggunakan media kartu bergambar. (2) memilih gambar dan memasukkannya ke dalam komputer untuk dicetak menjadi media.

Hasil produk awal terlebih dahulu melalui tahap uji produk, yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran dan ahli materi menulis cerpen. Data dari hasil uji coba diolah menggunakan rumus pengembangan, kemudian hasilnya akan dijadikan acuan untuk merevisi produk agar lebih matang. Tahap berikutnya adalah mengujicobakan ke dalam kelompok kecil, siswa kelas VII SMP secara acak. Berdasarkan tahap demi tahap pengembangan tersebut membuktikan bahwa dalam pembelajaran menulis cerpen dapat terbantu dengan adanya media kartu bergambar. Dengan demikian media ini telah layak untuk digunakan dalam pengajaran menulis cerpen.