SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEPADUAN DAN KERUNTUTAN HUBUNGAN ANTAR KALIMAT DALAM PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X.1 SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Arahman Alfan Subarkah

Abstrak


ABSTRAK

 

Subarkah, A. A. 2012. Kepaduan dan Keruntutan hubungan antarkalimat dalamParagraf Deskripsi  Siswa  Kelas  X.1  SMA  Brawijaya  Smart  SchoolMalang.  Skripsi,  Program  Studi Pendidikan  Bahasa,  Sastra  Indonesiadan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas NegeriMalang. Pembimbing Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata Kunci : kemampuan menulis, paragraf deskripsi.

Pembelajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia di SMA memiliki tujuanagar  siswa  dapat mengembangkan  kemampuan  berkomunikasi.  Untuk  dapatmenguasai  kemampuan berkomunikasi, mata  pelajaran  bahasa  indonesia  dibagimenjadi  empat  aspek  keterampilan. Empat  aspek  kersebut  adalah  membaca,menulis,  mendengar  atau  menyimak,  dan  berbicara. Di  antara  empat  aspekketerampilan  bahasa  Indonesia,  terdapat  dua  aspek  keterampilan yang  bersifataktif. Dua aspek tersebut adalah membaca dan menulis. Karena dengan menguasaidua  aspek  tersebut,  siswa  dapat mengembangkan  keterampilan  yang bermanfaatbagi  masa  depannya.  Pembelajaran  menulis  memiliki  bermacam-macam jenis.Salah satu jenis kegiatan menulis yang diajarkan di SMA kelas X adalah menulisparagraf deskripsi. Deskripsi  adalah  suatu bentuk wacana  yang menggambarkan ata  mendeskripsokan sesuatu.  Kemampuan  menulis  paragraf  deskripsi  perludikuasai  agar  siswa  terlatih  untuk mengembangkan  pola  pikir  mereka  dalammengamati,  memahami  serta  menggambarkan suatu  objek  dengan  terperinci.Tujuan  penelitian  yaitu  (1)  Keruntutan  hubungan antarkalimat dalam  paragrafdeskripsi (2) Kepaduan hubungan antarkalimat dalam paragraf deskripsi.Pendekatan  yang  digunakan  oleh  peneliti  dalam  penelitian  ini  adalahpendekatan kuantitatif  dan  kualitatif.  Rancangan  penelitian  yang  digunakanadalah  deskriptif  karena peneliti mendeskripsikan  atau menggambarkan  dengankata-kata secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubunganantara fenomena yang diteliti.

 

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  pargraf  deskripsi  siswa  belummenunjukkan keruntutan antar kalimat. Hal ini di tandai dengan belum sesuai polaurutan  tempat.  Dalam kepaduan  hubungan  antar  kalimat  paragraf  deskripsiditemukan  banyaknya  kesalahan  dalam penggunaan  kata  ganti  dan  katapenghubung.