SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas XI Bahasa SMA 9 Malang Tahun 2011/2012 dengan Strategi Lipirtup (Lihat, Pilih, Renungkan, Tuangkan, Publikasikan)

Sripit Widiastuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiastuti, Sripit. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas XI Bahasa SMA 9 Malang Tahun 2011/2012 dengan Strategi Lipirtup (Lihat, Pilih, Renungkan, Tuangkan, Publikasikan). Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd., (II) Dr. Kusubakti Andajani, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci : kemampuan menulis, paragraf ekpsosisi, strategi Lipirtup

Kemampuan menulis paragraf eksposisi merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang diajarkan  matapelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Menulis paragraf eksposisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas XI Program Bahasa. Kompetensi dasar tersebut adalah menyusun beberapa paragraf ekspositif tentang hasil pengamatan (penelitian). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia kelas XI Bahasa SMAN 9 Malang dan hasil tulisan paragraf ekposisi siswa, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis paragraf eksposisi masih rendah. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa masih di bawah KKM yang ditetapkan, yaitu 75.

 

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis paragraf eksposisi pada aspek isi, struktur paragraf, dan penggunaan bahasa siswa kelas XI Bahasa SMAN 9 Malang dengan strategi Lipirtup. Strategi Lipirtup diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi sehingga hasil tulisan siswa mampu memenuhi aspek isi yang meliputi subaspek kedalaman dan keakuratan informasi, struktur paragraf yang meliputi subaspek kelengkapan, kepaduan, dan kesatuan paragraf, serta mampu memenuhi aspek penggunaan bahasa yang meliputi subaspek keefektifan kalimat, pilihan kata, ejaan, dan tanda baca.

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian bersumber dari hasil penelitian siklus I dan siklus II, meliputi data proses dan data hasil. Data hasil adalah data hasil karya tulis siswa dan data proses berupa aktivitas guru dan siswa yang terekam dalam lembar observasi.

 

Hasil analisis data kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis paragraf eksposisi pada aspek isi, struktur paragraf, dan penggunaan bahasa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis paragraf eksposisi pada aspek isi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 17,1 poin dari 65,80 menjadi 82,90. Kemampuan rata-rata siswa dalam  menulis paragraf eksposisi pada aspek struktur paragraf dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 30,3 poin dari 56,3 menjadi 86,6. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis paragraf eksposisi pada aspek penggunaan bahasa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 19, 4 poin dari 69,3 menjadi 88,7.

 

Sehubungan dengan hasil penelitian ini, disarankan pada guru untuk menggunakan strategi Lipirtup untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf eksposisi. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan strategi pembelajaran pada kompetensi berbahasa yang lain.