SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS SURAT PRIBADI BERBAHASA JAWA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP MERJOSARI MALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Lailiyatus Sa'diyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sa’diyah, Lailiyatus. 2012. Analisis Surat Pribadi Berbahasa Jawa Siswa Kelas VIIISMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryo H.S, S.H, M.Hum, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci: analisis surat pribadi, tulisan siswa

Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa, penting dikuasai. Dengan menulis, seseorang dapat menyampaikan ide, pesan, perasaan, dan kemauan kepada orang lain. Salah satu bentuk pembelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa Jawa adalah menulis surat. Dengan menulis surat, siswa diajarkan berkomunikasi dengan baik secara tertulis. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis surat pribadi, dilakukan analisis surat pribadi berbahasa Jawa tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang pada aspek sistematika, kesesuaian isi dengan tujuan, dan penggunaan bahasa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti, sedangkan alat bantu yang digunakan berupa panduan analisis.Data penelitian ini berupa teks surat pribadi tulisan siswa kelas VIII. Data-data tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh deskripsi tentang sistematika, kesesuaian isi dengan tujuan, dan penggunaan bahasa.Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang tahun pelajaran 2012/2013.

 

Berdasarkan analisis data, diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, sistematika surat pribadi, yang meliputi: (1) satata basa (alamate layang bisa katulis pojok tengen utawa kiwa ing dhuwur), (2) adangiyah (tembung pamuji rahayu), (3) purwaka (kabar keslametan kang kirim layang lan pangarep-arep supaya kang dikirimi uga slamet), (4) surasa basa (isine layang, kekarepane layang), (5) wasana basa (pungkasaning layang), (6) titi mangsa (nelakake wektu panulisaning layang), (7) peprenah (asale layang saka sapa), (8) tapak asta (tanda tangan), lan (9) asma terang (nama terang). Kedua, kesesuaian isi dengan tujuan. Ketiga, penggunaan bahasa, yang meliputi: penggunaan unggah-ungguh basa, pilihan kata, dan ejaan dan tanda baca.

 

Berdasarkan hasil analisis sistematika surat pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang, Sistematika penyusunan tepat sebanyak sebanyak 17 siswa (55%), kurang tepat sebanyak 10 siswa (32%), dan tidak tepat sebanyak 4 siswa (13%).

 

Berdasarkan hasil analisis kesesuaian isi dengan tujuan dalam surat pribadi berbahasa Jawa tulisan siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang ketepatan isi dengan tujuan penyusunan tepat sebanyak 24 siswa (80%), kurang tepat sebanyak 4 siswa (13%), dan tidak tepat sebanyak 2 siswa (7%).

 

Berdasarkan hasil penggunaan bahasa dalam surat pribadi berbahasa jawa tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Pertama penggunaan unggah-ungguh basa dengan tepat sebanyak 3 siswa (10%), kurang tepat sebanyak 27 siswa (90%) dan tidak tepat sebanyak (0%). Kedua pilihan kata kategori tepat sebanyak 6 siswa (19%), kurang tepat sebanyak 23 siswa (74%), dan tidak tepat sebanyak 2 siswa (7%). Ketiga penggunaan ejaan dan tanda baca kategori tepat sebanyak 4 siswa (13%), kurang tepat sebanyak 21 siswa (70%), tidak tepat sebanyak 5 siswa (17%).

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, bagi guru, disarankan melakukan perbaikan pembelajaran menulis surat pribadi berbahasa Jawa agar siswa lebih terampil menulis surat pribadi. Kedua, bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar melakukan penelitian pada aspek lain terkait dengan surat pribadi, misalnya pengembangan bahan ajar menulis surat pribadi berbahasa Jawa. Ketiga, bagi siswa, disarankan agar lebih giat belajar dan berlatih untuk menulis surat pribadi berbahasa Jawa dengan baik dan benar.