SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SMP

Miftahul Fahmil Ilmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Ilmi, Miftahul Fahmil. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Puisi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd., (2) Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, membaca puisi, multimedia interaktif

Salah satu standar kompetensi pembelajaran sastra di SMP kelas VII dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi indah dan buku cerita anak. Pembelajaran membaca puisi mempunyai beberapa nilai lebih bagi siswa. Nilai-nilai tersebut adalah melatih siswa untuk mengembangkan rasa percaya diri, meningkatkan kepekaan terhadap berbagai masalah kehidupan yang tergambar dalam puisi, dan menghargai khasanah sastra Indonesia. Nilai-nilai itu dapat diwujudkan apabila pembelajaran membaca puisi berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

 

Hasil pengamatan peneliti dan wawancara, pembelajaran membaca puisi di sekolah selama ini masih bersifat konvensional. Dalam mengajar guru hanya mengandalkan metode ceramah secara klasikal. Guru kurang menggunakan media pendukung selain buku. Berdasarkan hal tersebut di atas, baik guru maupun siswa di sekolah memerlukan adanya inovasi media pembelajaran. Inovasi media pembelajaran tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu produk teknologi yang dapat digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran adalah komputer. Salah satu program komputer yang dapat menjadi media pendidikan adalah Macromedia flash yaitu program animasi yang telah banyak digunakan untuk menghasilkan desain yang professional dan berguna untuk animasi interaktif maupun non interaktif. Melalui media Macromedia flash, siswa secara langsung dapat mengamati, menelaah dan memahami materi secara jelas melalui gambar dan tabel-tabel instruksi sesuai dengan tayangan. Dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia flash ini siswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman secara langsung.

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan isi media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP, dan (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP.

 

Rancangan penelitian ini adalah pengembangan dan model pengembanganya adalah (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan interuksional, (3) pengembangan materi pelajaran, (4) pengembangan alat evaluasi, (5) penyusunan naskah, (6) produksi media, (7) evaluasi dan revisi media.

 

Hasil penelitian berupa produk CD interaktif media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif dan diuji cobakan pada siswa-siswi kelas VII SMP. Produk dikatakan valid apabila memiliki validasi 76% - 100% atau 56% - 75% dikatakan cukup valid, tetapi memerlukan revisi. Hal itu perlu dilakukan agar produk dianggap benar-benar valid dan dapat diaplikasikan sebagai media pembelajaran.

 

Berdasarkan temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Misalnya untuk lebih mengkaji memodifikasi dan memperkecil kekurangan pada media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif ini. Media ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar bagi siswa yang tidak dibatasi oleh waktu dan jarak. Selain itu media ini diharapkan dapat menjadi salah satu model pembelajaran membaca puisi oleh guru yang lebih menarik dan variatif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

ABSTRACT

 

Ilmi, Miftahul Fahmil. 2012. Development of Media-Based Learning Reading Interactive Multimedia Poetry In Junior High School Students. Undergraduate thesis, Major Indonesian Literature, State University of Malang. Advisor: (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd., (2) Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum.

 

Keywords: Media-Based Learning, Poetry Reading, Interactive Multimedia.

One competency standard literary study in the Junior class VII in the education unit level curriculum (KTSP) is to understand the discourse of literature through reading beautiful poetry and children's book.Learning to read a beautiful poem has some value to students. These values are to train students to develop self-confidence, increased sensitivity to the problems of life which is reflected in poetry, and appreciate the literary treasures of Indonesia. These values can be realized when learning to read a poem running fluently and the learning objectives can be achieved well.

 

The result from observations and interviews, learning to read poetry in school  still conventional. Teachers only using classical method of lecture. Teachers  less using media supporting besides books. Based on the above, teachers and students in schools need of instructional media of innovation. The media of innovation learning  is used to improve the quality of learning. One of the products of technology that can be used as an innovation in learning is a computer. A computer program that can be a medium of education is a Macromedia Flash is an animation program that has been widely used to produce a professional design and useful for interactive and non-interactive animations. Through Macromedia flash, students can directly observe, analyze and understand the material through the images and tables in accordance with the instructions impressions. Using Macromedia flash  learning students are expected to gain experience directly.

 

The purpose of this study was (1) developing the content of media-based learning to read a poem interactive multimedia on junior high school students, (2) to determine the feasibility and interesting of media-based learning to read a poem interactive multimedia on junior high school students.

 

The design of this research is the development and the development models are (1) analysis of the needs and characteristics of students, (2) formulate objectives interuksional, (3) development of the subject matter, (4) the development of evaluation tools, (5) preparation of the manuscript, (6) production media, (7) evaluation and revision media.

 

The results in the form of interactive CD media learning products to read a poem based interactive multimedia and tested on students of class VII SMP. Product validation as valid if it has 76% - 100% or 56% - 75% said quite valid, but requires revision. This was necessary so that the product actually considered valid and can be applied as a learning medium.

 

Based on the findings of this study, there are some suggestions that are thought to enhance interactive multimedia-based learning media. For example to assess modify more and minimize the shortcomings of the learning media to read a poem based on this interactive multimedia. This media can be used as a reference and a learning media for students who are not limited by time and distance. In addition, the media is expected to be one of the models of learning to read a poem by teachers of the more interesting and varied so that the learning objectives can be achieved.